Peserta Festival SMAB 2017
Peserta Festival SMAB 2017

PIDIE JAYA – Bertempat di Panggung Meurah Seutia (Komplek Perkantoran Bupati Lama) Kota Meureudu, Saiful,M.Pd membuka kegiatan Festival SMAB (Sekolah dan Madrasah Aman Bencana) di Lingkungan Sekolah Kabupaten Pidie Jaya, Sabtu (18/3/2017). Acara ini diselenggarakan oleh Wahana Visi Indonesia bermitra dengan Yayasan Khadam Nanggroe.

Dalam arahnya Kadisdik menekankan perlunya terus diingatkan kepada kita semua untuk selalu melakukan pencegahan sebelum terjadinya bencana, sebagai upaya-upaya pengurangan risiko bencana.

Festival program Sekolah dan Madrasah Aman Bencana (SMAB) ini menjadi titik penting dilakukan untuk menggugah kesadaran warga sekolah untuk bangkit dari bencana yang terjadi beberapa waktu silam.

Hal ini dilatarbelakangi karena anak-anak berhak untuk selamat dari bercana ketika berada di sekolah dan memiliki peran yang penting dalam pengurangan risiko bencana.

Bila hak tersebut terpenuhi maka akan semakin  banyak anak-anak yang terselamatkan pada saat terjadi bencana di sekolah. Program Sekolah dan Madrasah Aman Bencana juga menjadi wahana untuk menambah pengetahuan dan keteramilan bagi warga sekolah khususnya anak-anak dalam membangun upaya dan budaya aman dari bencana.

Kegiatan festival ini diikuti oleh 500 siswa dari 48 sekolah SD/MI yang tersebar di Kabupaten Pidie Jaya. Dengan beberapa kegiatan seperti kompetisi nuga – nuga, menggambar, pertolongan pertama pada kecelakaan, tari, puisi, drama dan menulis surat untuk presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here