WhatsApp Image 2021-03-08 at 14.32.09-af1d1b80

KabarDesa.com, Sinjai – Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) akan fokus mendampingi desa untuk pencapaian tujuan SDGs. Itu terungkap saat berkunjung ke Desa Salohe, kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Senin (8/3/2021).

Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa ( TA PED ) Andi Aminuddin mengatakan kita akan akan fokus pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) sebagaimana yang diperintahkan Menteri Desa melalui Permendesa dan beberapa aturan lainnya. Diantaranya pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa. Sesuai Tupoksi saya ke depan bersama teman-teman pendamping desa pemberdayaan dan pendamping Lokal desa sekecamatan Sinjai akan mendorong dan mendampingi desa dalam pengembangan, dan revitalisasi BUMDes.

Hari ini sengaja saya datang di Desa Salohe untuk berdsikusi mengenai rencana desa dalam menyukseskan Program SDGs dengan apa yang direncanakan dalam APBDesa Tahun 2021. Pada tahun 2020 kemarin BUMDes punya pemasukan ke kas desa sekitar  8 Juta rupiah saya kira patut kita apresiasi. Semoga nanti Kolam renang kalau sudah rampung terbangun pengelolaannya bisa di serahan kepada Bumdes pengelolannya ,Ungkap Andi Ante sapaan akrabnya.

Sementara Kepala Desa salohe Abd. Ganie Gafar,SE, SH, MH mengatakan bahwa benar tahun 2021 kami fokus pada pembangunan berkelanjutan sehingga di APBDesa yang kita anggarkan BLT DDs dan penanganan Covid 19 karena memang kewajiban. Kita juga menganggarkan untuk melanjutkan pembangunan kolam renang yang sudah memasuki tahun ketiga ini yang menggunakan dana desa.

Lanjut Abd Ganie, sebenarnya tahun lalu kita mau merampungkan, hanya saja ada pengalihan anggaran ke penanganan covid. Jadi barulah tahun ini kita anggarkan kembali. Semoga tahun ini bisa selesai dan bisa dikunjungi masyarakat. Kalau BUMDes tahun ini kita kasih tambahan modal dengan harapan ada penambahan unit usaha seperti penggemukan sapi dan budidaya ikan tawar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here