saukang-108fe303

KabarDesa.com, Sinjai – Musyawarah Desa dan Penetapan Anggaran dan Belanja Desa (APBDes) Desa Saukang dilaksanakan pada hari Jum’at (5/3/2021).

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) adalah peraturan desa merupakan penerimaan dan pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun 2021. APBDesa terdiri dari pendapatan desa, belanja desa dan pembiayaan. Rancangan APBDesa dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Kepala Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa menetapkan APBDesa pada setiap tahunnya.

Ketua BPD Muh. Ridwan saat membuka acara menyampaikan bahwa tahun ini sangat sulit bagi kita di Saukang, karena adanya beberapa regulasi dan edaran dari kementerian yang mewajibkan untuk membiayai penanggulangan Covid-19. Sehingga ada beberapa rencana yang sudah di susun kemudian dialihkan ke program penanganan Covid berskala desa. Namun program lainnya tetap berjalan sesuai skala prioritas sesuai RPJMDesa Saukang.

Kepala Desa Saukang membenarkan bahwa di Sinjai Timur kita urutan ketiga dalam penetapan ini. Karena teman aparat desa sudah melakukan asistensi hanya saja dilakukan perbaikan karena ada program penanganan covid ini, ungkap Abd. Razak.

Sementara ditambahkan oleh Tenaga Ahli Infrstruktur Desa ( TA ID ) Muhammad Yusrah bahwa teman-teman di desa ada tambahan tugas yang mesti diselesaikan bulan Maret ini yaitu menjalankan pendataan IDM berbasis SDG. Sehingga potensi desa mampu kita petakan juga termasuk berapa masyarakat miskinnya, berapa ada rumah tangga yang ada sakit menahun, dan lainnya. Saya dan teman-teman Pendamping Desa Pendamping Lokal Desa sudah diinstruksikan untuk mensosialisasikan dan mendampingi desa dalam mendata, imbuh Yoko sapaan akrab Yusrah.

Turut hadir dalam Musdes ini, Kepala Desa Saukang Abd razak, Sekretaris Desa Roskilasari, Ketua BPD Muhammad Ridwan dan para anggota BPD lainnya serta semua unsur masyarakat lainnya. Dari pendamping desa Kabupaten Sinjai, TA TTG yaksan, TA ID Muhammad Yusah, pendamping Desa Yakub, Ikbal amir, dan pendamping lokal desa Fahardiansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here