Karnaval Desa Sabranglor
Foto Dok. Kabardesa

KabarDesa.com, KLATEN –  Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke – 73 Republik Indonesia, sekarang ini banyak desa-desa yang mengisinya dengan berbagai acara yang menarik, salah satunya adalah karnaval.

Jika dulu karnaval hanya diadakan di tinggak kabupaten saja, sekarang ini sudah banyak desa dan kecamatan yang menggelar pawai karnaval di area desanya.

Inilah yang juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten pada tahun 2018 ini. Yakni menggelar acara Karnaval Desa yang diikuti oleh masyarakat Desa Sabranglor dengan dibagi menjadi per RW (Rukun Warga).

Acara yang diadakan pada hari Minggu, 26 Agustus 2018 ini ternyata sangat menyita perhatian dan antusias warga. Padahal karnaval ini adalah yang pertama di Desa Sabranglor, tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada. Dari 11 RW yang ada di Desa Sabranglor, semuanya hadir dan turut memeriahkan dengan mengeluarkan kreasi yang sangat kreatif dan menarik.

Seperti karnaval pada umumnya, Karnaval Desa Sabranglor 2018 ini dimulai pada siang hari pukul 14.00 WIB. Meskipun banyak peserta yang mengeluhkan kepastian dari panitia kapan dimulainya, akhirnya sembari menunggu koordinasi dari panitia karnaval bisa dimulai. Dalam karnaval ini seluruh peserta berkumpul di Jalan Utama Dukuh Jambon yang merupakan dukuh paling timur dari Desa Sabranglor.

Sri Giyatna
Sri Giyatna, S.Pd, Kepala Desa Sabranglor melepas pawai karnaval Desa Sabranglor / Foto Dok. Kabardesa

Karnaval dimulai dengan ditandainya pelepasan oleh Sri Giyatna S.Pd selaku Kepada Desa Sabranglor. Selanjutnya para peserta pawai berjalan menyusuri Jalan Raya Sabranglor dan memutar ke beberapa Dukuh untuk selanjutnya berkumpul di titik akhir yakni Lapangan Desa Sabranglor.

Karnaval Desa Sabranglor - Lapangan

Semua peserta pawai berkumpul di lapangan desa sembari menikmati hiburan organ tunggal dan makanan minuman yang dibawa oleh masing-masing peserta. Meskipun cuaca sedang terik-teriknya, antusias warga pun tidak surut. Bahkan beberapa peserta juga ada yang menampilkan kreasinya.

Setelah semua peserta berkumpul di Lapangan Desa Sabranglor, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepada Desa Sabranglor, Sri Giyatna S.Pd. Dalam sambutannya, Sri Giyatna S.Pd sangat berterima kasih kepada seluruh warga Desa Sabranglor yang telah turut memeriahkan acara ini. Dan tak luput ucapan terima kasih kepada para ketua RW yang telah memberikan motivasi kepada warganya untuk mengikuti acara ini.

Karnaval Desa Sabranglor - Sambutan
Sambutan Kepada Desa Sabranglor, Sri Giyatna S.Pd

Ajang Aspirasi Masyarakat

Tidak hanya dijadikan sebagai ajang peringatan HUT RI saja, tetapi karnaval perdana ini juga jadi moment yang digunakan sebagian warga untuk menyuarakan aspirasi yang ada di masyarakat terkait kondisi yang ada di negara ini.

Salah satu yang cukup menarik adalah kreasi dari RW.08 Dukuh Samber yang membuat patung sapi untuk menyuarakan penolakan terhadap import sapi.

Karnaval Desa Sabranglor - Tolak Import Sapi
Kreasi Patung Sapi dari RW.08 / Foto Dok. Kabardesa

Kontingen RW lain pun juga tak kalah menarik. Banyak kreasi-kreasi yang ditampilkan dan menjadikan hiburan tersendiri bagi warga.

Melihat kreasi-kreasi yang ditampilkan masing-masing RW, sangat menyita perhatian. Mengingat ini adalah karnaval pertama dan tahun – tahun sebelumnya belum ada. Tetapi masyarakat cukup kreatif dalam menampilkan kreasi-kreasi yang ditampilkan saat karnaval.

Selanjutnya acara karnaval ditutup dengan pembagian hadiah lomba yang sebelumnya pada Jum’at – Sabtu, 24-25 Agustus 2018 telah diadakan, seperti lomba voli ibu-ibu tiap RW, lomba sepak bola mini anak antar RW dan lomba menggambar untuk balita.

Karnaval Desa Sabranglor - Hadiah

Selain itu juga pengumuman pemenang karnaval terbaik yang dinilai oleh pihak panitia. Adapun Juara I jatuh pada RW.07 Juara 2 pada RW.06, dan Juara 3 untuk RW.08.

Jangan lupa untuk follow akun media sosial kami untuk informasi foto-foto acara. Follow IG @kabardesaindonesia dan Twitter @kabardesaindo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here