Hasil dari pembuatan Batik Shi-Jumput
Hasil dari pembuatan Batik Shi-Jumput

Di Balai Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang pada Selasa (05/06/2018) pagi terlihat mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) sedang mengarahkan ibu-ibu PKK yang mulai berdatangan untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Batik Shibori Jumputan (Shi-Jumput).

Pelatihan pembuatan Batik Shibori Jumputan (Shi-Jumput) yang dihadiri oleh anggota PKK Desa Jambesari diadakan dengan tujuan untuk memberikan keterampilan baru.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB tersebut dilakukan oleh M.Hisyam Baidlowi sebagai pemberi latihan. Materi latihan yang diberikan yaitu batik jumputan dan teknik shibori. Teknik shibori yang diberikan yaitu ada 6 teknik meliputi kanoko shibori, miura shibori, itajime shibori, kumo shibori, arashi shibori, dan eks shibori.

Hal yang menarik dalam pelatihan ini adalah komunikasi yang terjadi sangat komunikatif dan penuh canda tawa ala ibu-ibu.

“Ibu-ibu, dapat mengembangkan teknik-teknik yang ada, baik dikombinasikan maupun diberikan gradasi warna. Selain itu, ibu-ibu juga dapat menerapkanya dalam membuat baju, taplak meja, dll,” ujar Hisyam.

Harapan dengan adanya pelatihan ini, PKK Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo dapat membuat karya kreatif yang diharapkan dapat menjadi ikon baru Desa Jambesari.

Di akhir acara, Ibu PKK diwakili Ibu Lilik selaku Sekretaris PKK Desa Jambesari menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN UM yang telah mengadakan pelatihan Pelatihan Pembuatan Batik Shibori Jumputan (Shi-Jumput) sebagai satu karya kreatif sebagai wadah pemberdayaan manusia dan peningkatan Desa Jambesari sebagai penopang desa wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here