Pelatihan KPMD
Pemerintah Desa Napatalun Parlambuken

Kabardesa.com, Pakpak Bharat – Pemerintah Desa Napatalun Parlambuken, Kecamatan Pagindar ,Kabupaten Pakpak Bharat menggelar kegiatan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD). Pelatihan dilaksanakan di Aula kantor kepala desa Napatalun Parlambuken pada tanggal 23 Mei 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh kader-kader desa, baik kader teknik dan kader pemberdayaan serta perangkat desa dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Napatalun Parlambuken, Lamsiner Manik.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dasar kegiatan pelatihan ini sebagai implementasi UU No.6 Tahun 2014 yang selanjutnya juga dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa PDTT No.3 Tahun 2015 dengan tujuan mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencaan, pelaksanaan hingga pengendaliannya.

Kegiatan pelatihan difasilitasi oleh Pendamping Desa Kecamtaan Pagindar (Dariono Sinamo dan Rusiman Kabeakan) berjalan dengan baik dengan menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Pendamping Profesional Kabupaten Pakpak Bharat yaitu Bapak Jhonny Robert Lbn Tobing (TA-ID) dan Bapak Penoh Tarigan (TA-TTG).

Salah satu materi pelatihan yang disampaikan adalah “Peranan dan Fungsi KPMD”, Pak Jhonny Robert Lbn Tobing menjelaskan bahwa KPMD berperan sebagai Mitra Pemerintah Desa, yaitu mendampingi kepala desa dalam hal pengorganisasian pembangunan desa.

Ada hal yang menarik dalam pelatihan ini, sehingga peserta sangat antusias dan semangat, dimana pada sesi terakhir peserta langsung praktek memfasilitasi kegiatan desa. Di bawah bimbingan narasumber bapak Penoh Tarigan, peserta pelatihan KPMD praktek dalam fasilitasi Musyawarah Desa.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Pakpak Bharat, Febriansyah Boangmanalu SIP ketika diminta tanggapan tentang kegiatan pelatihan KPMD melalui telepon seluler memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Napatalun Parlambuken dan mengharapkan KPMD dibentuk di semua desa se Kabupaten Pakpak Bharat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here