Komisi 1 DPRD dan Kepala Dinpermades Pemalang foto bersama
Komisi 1 DPRD dan Kepala Dinpermades Pemalang foto bersama

KabarDesa.com, Pemalang – Selasa, 4 April 2017 Kepala Dinpermades Pemalang dan Anggota Dewan komisi I beserta anggota Sekretariat DPRD Kabupaten Pemalang, melakukan kunjungan ke Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Kunjungan tersebut dalam rangka menyerap informasi serta melihat langsung bagaimana penerapan jaringan internet di desa-desa untuk menunjang pembangunan, sistem informasi desa serta pelayanan di Desa.

Proses pelaksanaan fasilitas penerapan Sistem Informasi Desa dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui penyelengaranya yaitu Dispermades Kabupaten Pemalang. Untuk pelaksanaan teknis dilakukan oleh Program Pusat Pemberdayaan Informatika Desa yang merupakan program unggulan dan program inovasi Kabupaten Pemalang.

Pemerintah kabupaten dengan menggandeng Kominfo membuat terobosan dengan mendirikan Triple pemancar di desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang. Sehingga sekarang desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang bisa mengakses internet, dan dari program unggulan tersebut, belum lama ini Pemerintah Kabupaten Pemalang mendapat penghargaan Government Award tahun 2017 dari majalah Sindo.

Kepala Dinpermades Kabupaten Pemalang, Rifki Jaya mengatakan, sekarang internet menjadi sangat penting bagi desa, khususnya dalam menunjang pembangunan dan sistem informasi Desa sesuai Visi Misi Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. Menurut Rifki Jaya, jaringan WAN menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan pemerataan jaringan internet sampai ke pelosok desa di wilayah Kabupaten Pemalang.

Beliau juga menjelaskan Wide Area Networking atau yang biasa kita sebut dengan istilah (WAN) adalah sebuah jaringan yang mencakup wilayah yang luas. Dan merupakan perluasan jaringan LAN (Local Area Network) yang dirancang untuk berhubungan dengan jaringan komputer teritorial yang menyediakan lebih banyak layanan dan pengguna yang lebih banyak. Maka dapat dikatakan bahwa sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar.

“Kami beserta rombongan anggota dewan dari komisi 1 turun ke lapangan ingin melihat langsung, bagaimana penerapan jaringan internet desa dan penerapanya, melihat langsung bagaimana pengelolaan dan pemanfaatannya untuk menunjang pembangunan desa. Hal ini dimaksudkan agar ke depannya dalam membuat peraturan, nantinya benar-benar sesuai dengan harapan dan kebutuhan di lapangan,” tutur anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pemalang, Ahmad Yani, dalam kunjungan ke Desa Pegiringan.

Sementara itu, Kepala Desa Pegiringan, Duhari Daya, menjelaskan bahwa penerapan jaringan internet di desa, betul-betul sangat membantu, beliau mencontohkan pada penerapan Sistem Informasi Desa dengan aplikasi Sidekem. Selain untuk database kependudukan, Sidekem juga sangat efektif untuk pelayanan.

Selain itu Duhari Daya juga menjelaskan, bagaimana penerapan internet desa sangat memudahkan informasi dan transparansi desa. Selain banner, baliho dan papan pengumuman, informasi dan transparansi desa bisa diakses dengan mudah melalui media desa, yaitu website Desa. Sedangkan untuk menunjang aspek peningkatkan ekonomi, internet desa juga bisa sebagai simpul usaha, seperti jual beli online, pengadaan jaringan lokal desa, sehingga warga masyarakat dapat mengakses internet dengan biaya terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here