Sambutan Kepala Desa Bancar
Sambutan Kepala Desa Bancar, Pamuji saat acara RAT Gapoktan Sumber Sari Maju Tahun 2016 di Balai Desa Bancar. (FOTO : MUH NURCHOLIS)

PONOROGO – Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Sumber Sari Maju Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengadakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT, Sabtu (8/4/2017) malam di Balai Desa Bancar. Selain dihadiri para anggota, RAT juga dihadiri oleh Tim Teknis Program PUAP Kabupaten Ponorogo, Ir. Joni Windarto serta Camat Bungkal selaku Ketua Tim Teknis PUAP Kecamatan Bungkal yang diwakili oleh Katiman, SH.

Juga hadir Kepala Desa Bancar, Pamuji, S.Pd selaku Komite Pengarah bersama anggota yang terdiri dari PPL Pendamping Desa Bancar, Yani dan Samuri. Tampak hadir pula seluruh Ketua Kelompok Tani se-Desa Bancar.

Pada kesempatan itu, Ketua Gapoktan Sumber Sari Maju, Misno melaporkan bahwa Gapoktan yang dia pimpin baru 2 tahun berjalan melaksanakan Program PUAP. “Dan Alhamdulillah bisa berjalan lancar, tetapi dari lima Kelompok Tani yang ada di Desa Bancar, baru dua yang tergabung dalam Gapoktan, yaitu Poktan Bancaran Duwet serta Bogasari Nglodo,” terang Misno.

Dia berharap kedepan semua Poktan yang ada di Desa Bancar bisa bergabung dalam Gapoktan Sumber Sari Maju. “Kami selama ini sangat transparan dalam pengelolaan dana PUAP karena perlu diketahui bahwa semua dana ada di Bank seperti bukti yang kami lampirkan dalam buku LPJ dari semua transaksi selama ini,” terangnya.

Misno juga mengucapkan terima kasih atas semua bimbingan dan arahan dari Tim Teknis PUAP Kecamatan Bungkal maupun Kabupaten Ponorogo. “Juga kami sampaikan terima kasih atas segala bimbingan dari PPL, BPK dan Kepala Desa sangat bermanfaat bagi kelangsungan Gapoktan ini,” tandasnya.

Sementara itu Katiman, SH mengucapkan selamat kepada Gapoktan Sumber Sari Maju yang menggelar RAT Tahun 2016 malam ini. “RAT adalah hukumnya wajib bagi Gapoktan,” papar Katiman, SH.

Senada dengan Katiman, SH pihak Ketua  BPK Kecamatan Bungkal, Sugiyarti juga memberi apresiasi atas kegiatan Gapoktan Sumber Sari Maju selama ini. “Mungkin kelengkapan pengurus bisa dilengkapi lagi dan jenis usaha Gapoktan ke depan bisa ditambah lagi agar makin maju,” harap Sugiyarti.

Kades Bancar, Pamuji, S.Pd juga mengapresiasi Gapoktan Sumber Sari Maju yang mampu mengelola PUAP dengan baik walaupun masih butuh pembenahan dalam pelaksanaannya. “Setiap anggota harus handarbeni serta ikut bertanggung jawab kepada maju mundurnya Gapoktan di Desa Bancar,” pinta Pamuji, S.Pd.

Sedangkan Ir. Joni Windarto mengaku bangga dengan RAT Gapoktan Sumber Seri Maju yang berjalan cukup hidup dan interaksi anggota yang banyak memberi saran dan masukan. “Luar biasa RAT Gapoktan Sumber Sari Maju tidak monoton dan saling memberi respon,” ucap Ir. Joni Windarto.

Pihaknya juga berharap ada penambahan modal dari anggota agar makin berkembang. “Selain itu ke depannya Gapoktan harus mampu mencukupi kebutuhan anggota sehingga unit usaha harus ditambah biar lebih dirasakan manfaat adanya Gapoktan ini,” pintanya.

Selain melakukan usaha jasa simpan pinjam, saat ini Gapoktan Sumber Sari Maju juga memiliki alat pemanen padi bantuan dari Pemerintah RI. (MUH NURCHOLIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here