KabarDesa.com, Lahat – Sebagai kecamatan pemekaran yang masih berumur belia, Kecamatan Muara Payang punya banyak potensi yang bisa digarap dan dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakatnya.

Selain punya potensi pertanian yang besar, daerah ini juga punya potensi dan aset wisata yang membanggakan. Sebut saja Cughup (Air terjun, red) Lawang Agung dan pemandian “Ayek” Jernih, yang kini telah mulai populer dimasyarakat.

Hal ini tentu mendapat dukungan dan respon dari sang Camat, Dahnial Nasution, AP, M.Si, bahkan telah menyiapkan program untuk menggarap aset wisata itu dengan sejumlah gebrakan pemberdayaan masyarakatnya.

Dia bersama sejumlah kepala desa, penggiat wisata lokal, rekan media dan sejumlah sekolah di daerah ini telah memulai kembali merintis potensi wisata daerah mereka.

“Beberapa minggu ini kami telah melakukan pembersihan lokasi sekaligus pemasangan plang nama kedua objek wisata potensial itu, masing – masing satu Curug dan satu lagi pemandian. Hanya untuk beberapa waktu lalu kami masih terkendala hujan yang sering mengguyur daerah kita ini.

Waktu mendatang kita akan bikinkan pondok sebagai tempat melepas lelah dikedua lokasi wisata yang mulai kita garap itu. Banyak yang memang telah menanyakan keberadaan kedua lokasi ini melalui sejumlah jejaring sosial,” jelasnya.

Kemudian Dahnial juga menerangkan, untuk akses jalan mereka telah melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten melalui Sekda Lahat, mudah – mudahan permintaan untuk perbaikan akses jalan menuju objek wisata itu akan segera direalisasikan oleh Pemda Kabupaten Lahat.

“Tahun 2017 nanti Insya Allah jalan masuk sudah beraspal beton, karena pihak Pemda juga sangat mendukung apa yang telah kita sampikan pada waktu lalu itu. Tahun depan juga kita telah menjalin komitmen bersama kepala desa untuk menganggarkan dana tambahan dari Dana Desa (DD) untuk penataan lokasi secara permanen.

Untuk menjadikannya sebagai objek wisata andalan, kami juga masih membutuhkan bantuan dan dukungan dari pihak lain, baik itu dari kawan – kawan media maupun penggiat wisata di kabupaten Lahat,” terangnya.

Kondisi keterbatasan inilah yang masih menjadi perhatian serius Camat Muara Payang, sebab bila hari libur masyarakat mulai banyak yang berdatangan ke lokasi ini. Mereka rata – rata datang dari daerah sekitar, baik dari Jarai Area, Kota Pagar Alam hingga dari Kabupaten Empat Lawang.

“Peluang ini harus dimanfaatkan dengan cepat, karena imbasnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, nilai pemberdayaannya yang akan menggiatkan perekonomian warga kita disini.

Kami juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Camat kami ini, dengan semangat dia mengajak semua pihak untuk ikut menggarap potensi daerah yang bisa mendatangkan nilai lain bagi Kecamatan Muara Payang,” tutur salah satu warga yang enggan disebutkan namanya. (Agum)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here