Curug Cigayor

KabarDesa.com, Pangandaran – Berada di Desa Limusgede, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Curug Cigayor ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Meski faktanya kurang fasilitas, tetapi keindahan alamnya selalu mampu menarik para pengunjung.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Cigayor, pengunjung harus sedikit berjuang agar sampai di curug ini. Yakni pengunjung harus menaiki dan menuruni bukit sejauh kurang lebih 500 meter. Namun, tantangan itu akan terbayar setelah sampai di Curug Cigayor.

Curug Cigayor ini memiliki tiga air terjun yang berderet di satu titik. Airnya cukup jernih dan tak jarang pengunjung yang berenang di curug ini. Selain karena airnya yang jernih, muara dari curug ini tidak terlalu dalam. Kedalamannya sekitar 50 cm saja, akan tetapi ada bagian yang memiliki kedalaman 2 meter dan di situ sudah diberi tanda pembatasnya agar pengunjung lebih waspada.

Curug ini memang masih perlu pembenahan. Pemerintah saja belum maksimal dalam membuka wisata ini. Pengelolaan baru sebatas dari pihak karang taruna dan masyarakat setempat seperti melakukan pembenahan dan pembersihan lahan.

Apabila curug ini mendapatkan pengelolaan yang maksimal dari semua pihak khususnya pemerintah, tentu tak menutup kemungkinan jika Curug Cigayor menjadi wisata andalan baru di Pangandaran.

Pihak masyarakat setempat berharap ada kontribusi langsung dari pihak pemerintah desa maupun pemerintah Kabupaten Pangandaran. Karena memang saat ini antusias pengunjung kian meningkat. Sehingga perlu ada dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung saat bermain di curug ini.

Jika nanti pengelolaan sudah baik, tentu yang terkena imbasnya juga masyarakat sekitar. Paling tidak dengan adanya curug ini dapat mengangkat taraf ekonomi masyarakat sekitar lebih baik lagi.

Editor : Firmansyah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here