KABARDESA.com – Salah satu wilayah Negara Indonesia yang eksotik adalah Papua. Ya, Pulau yang terletak di ujung timur Indonesia ini memiliki berbagai daya tarik yang sangat khas baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia nya.

Papua, bagi sebagaian orang merupakan wilayah pelosok yang penduduknya masih sangat tradisional. Hal ini disebabkan kurangnya pembangunan di wilayah tersebut, sehingga masyarakat Papua masih banyak yang bergantung pada alam dan adat masih dipegang kuat.

Namun, jangan salah meskipun masyarakat Papua tinggal di timur negeri ini, tetapi banyak yang dihasilkan dari masyarakat Papua. Salah satunya adalah Noken. Noken, merupakan salah satu kerajinan khas Papua yang berbentuk tas/kantong yang terbuat dari tumbuhan. Biasanya yang diambil adalah kulit kayu, selanjutnya dianyam sehingga menjadi tas yang dapat digunakan sebagai tempat barang.

Apabila pernah melihat orang Papua sedang membawa semacam tas yang ditarus dikepalanya, itulah Noken. Mayoritas suku yang ada di Papua, semuanya mampu membuat Kerajinan Tangan Noken ini, karena kerajinan ini merupakan salah satu tradisi kerajinan di suku-suku Papua.

Biasanya masyarakat Papua menggunakan Noken ini untuk membawa hasil bumi dan buruan.

Karena Noken ini memiliki nilai seni dan estetika, maka masyarakat Papua saat ini memberdayakan Noken sebagai salah satu potensi perekonomian masyarakat. Sepertinya halnya di Kampung Wisata Sauwadarek, Papua Barat, Noken ini dijual oleh beberapa masyarakat sekitar dengan harga berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000,- untuk satu Noken.

Kerajinan Noken ini adalah salah satu kerajinan khas Papua yang patut dijaga dan dikembangkan. Peran masyarakat dan pemerintah harus sejalan agar kerajinan-kerajinan seperti ini tetap lestari sehingga akan tumbuh generasi-generasi penerus yang akan selalu menjaga kerajinan seperti ini.

Sumber : PalingIndonesia.com

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here