Jalan menuju Desa Kedunggong Kec. Sadang dengan pemandangan alam indah disekitarnya / Foto: Aisyah

KABARDESA.com – Masih banyak desa di Indonesia yang memiliki potensi alam dan patut untuk dikembangkan, salah satunya adalah potensi alam di Desa Kedunggong, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen ini.

Meskipun Desa ini adalah Desa Terpencil, namun di Desa Kedunggong memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan sebagai Agrowisata. Ya, desa ini memiliki banyak sekali buah-buahan selain itu kondisi desa yang asri dan suasana alam yang nyaman membuat desa ini patut untuk dikunjungi sebagai Agrowisata. Namun, sayangnya belum ada peran partisipasi aktif dari pemerintah setempat untuk mengembangkan potensi Desa Kedunggong ini.

Lahan pertanian di Desa ini mayoritas ditanami berbagai macam buah-buahan dan hasilnya terus berkembang.

Seperti lahan tanaman buah milik Mulyadi (50), warga Dusun Majasanga, Desa Kedunggong, yang dulunya menanam pohon salak hanya 1.000 pohon sekarang sudah berkembang menjadi 3.000 pohon salak pondoh super lumut. Hal ini juga membuat warga lainnya menjadi ikut membudidayakan salah satu buah yang tumbuh subur di desa ini.

Tidak hanya pohon buah salak saja yang ditanam di desa ini, tetapi jenis buah lainnnya seperti durian yang berjumlah 400 pohon, duku, manggis, nanas juga tumbuh subur dan menghasilkan.

Untuk lahan area pohon salak sendiri sudah mencapai 3,7 hektare, sedang untuk luas tanam pohon durian mencapai 4,7 hektare, mangga 1,8 hektare, manggis 0,3 hektare, duku 0,5 hektare, kokosan 0,4 hektare, nanas 0,6 hektare dan pisang seluas 3,8 hektare.

Potensi itulah yang membuat Desa Kedunggong layak untuk dijadikan Agrowisata dan Agrobisnis.

Masyarakat sekitar pun seperti Mulyadi juga sudah merasakan dampak dengan budidaya buah-buahan ini.

“Selama ini, saya mengandalkan perekonomian keluarga dari hasil salak yang saya tanam,” imbuh Mulyadi.

Saat ini harapan warga sekitar dan Kepada Desa Kedunggong adalah agar Desa ini mampu menjadi Desa Agrowisata, salah satunya dengan dibangunkan akses infrastruktur menuju desa ini. Karena akses jalan menuju desa ini memang rusak dan perlu diperbaiki. Dan inilah yang juga menjadi harapan agar dapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Kebumen

Sumber : BeritaKebumen.info

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here