KABARDESA.com – Meluncur ke daerah di Magelang yaitu sekitar Borobudur, adalah sebuah desa yang memiliki potensi yang patut untuk dikembangkan. Adalah Desa Karangrejo yang letaknya berada disebelah barat Candi Borobudur Magelang.

Desa Karangrejo ini juga termasuk Desa Wisata, karena memang menyimpan berbagai potensi baik dari segi wisata dan budaya.

Menurut letak geografisnya, Desa Karangrejo ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Loano, yang sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai petani.

Desa Karangrejo ini berbatasan dengan desa Trirejo, Desa Kalisemo, Desa Kalikalong dan Desa Caok. Desa ini memang sudah dicanangkan sebagai Desa Ekowisata, namun karena belum maksimal dalam pengembangannya, maka desa Karangrejo ini belum memberikan kontribusi penuh terhadap masyarakat sekitar, khususnya dari sisi ekonomi.

Namun, ada sisi lain yang membuat masyarakat tetap optimis untuk membangun desanya. Hal tersebut didasari karena di desan ini memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat dikembangkan dan memberikan kemandirian bagi masyarakat setempat untuk mendayagunakan sektor pariwisata.

Potensi dan Daya Tarik Wisata Desa Karangrejo

Desa Karangrejo memang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang berpotensi untuk dikembangkan. Dan beberapa potensi wisata tersebuat adalah Panjat tebing Watu Sumurup, Hutan Rakyat, Makam Silencu, Jembatan Goyang Tempuran Mas, Cagar Budaya Gapura Kuno 1913, Camping Ground dan aneka atraksi wisata lainnya .

Di dalam pengembangannya, potensi wisata yang ada di Desa Karangrejo dikemas dalam beberapa paket wisata yang berupa :
1. Wisata Alam
2. Wisata Seni dan Budaya
3. Wisata Pendidikan
4. Wisata Ziarah
5. Wisata Konservasi

Jet Kolet (Ceriping Getuk) - desawisata.web.id/desa/karangrejo
Salah satu makanan khas Desa Karangrejo yaitu Jet Kolet atau ceriping dari getuk ketela. Cara pembuatannya pun masih sederhana dan tidak menggunakan alat moder namun rasanya tetap nikmat. Foto : desawisata.web.id/desa/karangrejo

 

Cagar Budaya Desa Karangrejo
Rumah ini adalah salah satu cagar budaya yang terdapat di Desa Karangrejo. Terletak di dusun Kretek, dan di dalamnya tersimpan beberapa seperangkat wayang kulit, gamelan jawa, benda peninggalan Pangeran Diponegoro, Al Qur’an kuno dan beberapa senjata kuno. Foto : desawisata.web.id/desa/karangrejo

 
Yang istimewa dari Desa Karangrejo ini, keindahan Borobudur disaat sunrise dapat disaksikan di desa ini karena adanya Punthuk Setumbu yang merupakan bukit yang menjadi spot terbaik untuk melihat Borobudur Sunrise dari ketinggian 400 m dpl.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here