FB_IMG_1500731334092

PONOROGO – Salah satu desa di Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang terus melestarikan kesenian tradisional adalah Desa Bancar. Saat ini di Desa Bancar memiliki berbagai grup kesenian, seperti Reyog Ponorogo, Gajah-Gajahan, Karawitan, Terbangan dan berbagai seni tari.

Menurut Kepala Desa Bancar, Pamuji seluruh kesenian tersebut masih dilesatrikan oleh warga Desa Bancar. “Wujud nyata warga dalam melestarikan seni budaya adalah dengan mengadakan latihan rutin di masing-masing grup kesenian,” tutur Pamuji, Selasa (25/7/2017).

Dia menambahkan pihak Pemdes Bancar secara khusus juga mengalokasikan anggaran pembinaan seni budaya di Desa Bancar. “Ini adalah salah bentuk komitmen Pemdes Bancar dalam melestarikan seni budaya tradisional,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan dalam rangka mengisi Bersih Desa, pihaknya akan mengadakan Pesta Rakyat Desa Bancar. “Acara ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME,” paparnya.

Pesta Rakyat Desa Bancar akan dilaksanakan Sabtu (29/7/2017) mendatang dengan mengadakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. “Sengaja kami hadirkan Dalang kondang Ki Cahyo Kuntadi dari Solo, Jateng bersama pelawak Dikin Cs,” imbuhnya.

Rencananya acara akan digelar di Lapangan Olahraga Perseba Ngepoh Desa Bancar. “Sore harinya juga diadakan parade Reyog Ponorogo, Jaranan Thek, Gajah-Gajahan yang semuanya akan berangkat dari Dukuh Duwet, Bancar dan Nglodo serta nanti berkumpul di Lapangan Olahraga Perseba Ngepoh,” bebernya.

Lebih lanjut dia menambahkan semua kegiatan dilaksanakan secara gratis serta tidak ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat. “Ini adalah pesta warga Desa Bancar sehingga kami ajak seluruh masyarakat se-Desa Bancar ikut menyukseskan acara ini,” harapnya.

Menurut rencana Bupati Ponorogo, H. Ipong Muchlissoni juga akan hadir bersama Forpimda serta Forpimka Bungkal dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Bumi Reyog. (MUH NURCHOLIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here