PMI Kecamatan Talu

KabarDesa.com, Pasaman Barat – Dalam rangka memperingati hari Kesiap Siagaan Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April kemarin, ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Annuzul, yang juga sekaligus sebagai Wali Nagari Talu mengadakan acara simulasi menghadapi bencana alam yang diadakan di Sekolah Madrasah Aliah Muhammadiyah (MAM) Talu, Rabu (26/4).

Acara simulasi tersebut juga dihadiri kepala Puskesmas Talamau, Sary Elva, Utusan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasbar Harpe Naldi, Kepala MAM Talu, Alharis S.Pd dan diikuti oleh seluruh Majelis Guru beserta para Siswa/i Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Talu.

Ketua PMI Kecamatan Talamau, Annuzul mengatakan, acara simulasi ini bertujuan agar para Siswa dan masyarakat dapat waspada dan paham, bagaimana langkah utama yang di lakukan jika terjadi bencana alam, untuk melakukan penyelamatan diri terutama saat berada dalam ruangan,”katanya.

“Simulasi ini kita beri tema, cara menghadapi bencana Gempa bumi, dan bagaimana langkah utama yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika berada didalam ruangan saat gempa terjadi,”pungkasnya.

Dalam simulasi tersebut, kita membuat seakan kejadiannya memang benar terjadi gempa dan memberikan petunjuk bagaimana anak anak sekolah yang sedang berada dalam kelas untuk menyelamatkan diri dengan cara, meletakkan tas diatas kepala, baru kemudian berlindung dibawah meja dan apabila gempa masih terjadi maka anak-anak disuruh berlari keluar ruangan mencari tempat terbuka,”terangnya.

Ia berharap, semoga dengan adanya simulasi menghadapi bencana tersebut masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi bencana alam kususnya gempa bumi. karena Kecamatan Talamau Merupakan salah satu daerah di Kabupaten Pasbar yang di anggap rawan akan bencana alam dengan lokasinya yang berada di areal pegunungan,” harapnya.

  • Ditempat terpisah, kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Talu, Alharis S.Pd mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang se tinggi-tingginya kepada Tim PMI Kecamatan Talamau dengan adanya acara tersebut.

“Saya merasa bangga karna sekolah ini dipilih dan dipercaya sebagai tempat simulasi dan sosialisasi untuk menghadapi bencana alam tersebut,”ujar Alharis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here