Haul Sunan Prawoto

KabarDesa.com, Pati – Desa Prawoto, yang terletak di area pegunungan kendeng yang berada di ujung selatan Kabupaten Pati, pada hari Kamis (13/4) melaksanakan Haul Sunan Prawoto (KPH. Raden Bagus Hadi Mu’min) ke 39 dengan berbagai karnaval kirab budaya.

Kirab yang dilaksanakan seperti iring-iringan kirab lurup yang berarti pergantian selambu makam Sunan Prawoto setiap setahun sekali dan ikan lengkur sebagai ciri khas tradisi masyarakat prawoto jika memiliki keinginan atau bernazar. Jika terkabul, warga biasa melakukan acara selamatan.

Tari Gambyong

Sebelum iring-iringan dilaksanakan, karawitan dari SMP PGRI 15 Sukolilo dan Tari Gambyong yang diperagakan dari siswi-siswi SDN Prawoto 02 beraksi sebagai tarian khas Provinsi Jawa Tengah untuk penyambutan tamu yang hadir.

Sebagai puncak acara, dilaksanakan iring-iringan kirab yang dimeriahkan oleh berbagai jenis atraksi marching band dari Pelajar Prawoto tingkat SD, MI, MTS, SMP, dan MA. Selain itu, pemuda di masing-masing Dukuh Prawoto juga berperan aktif dan ikut memeriahkan, sehingga terdapat belasan karnaval yang ikut iring-iringan.

Menurut Aan Widiyono, warga Desa Prawoto, peringatan ini dilakukan setiap tahun sebagai salah satu bentuk penghormatan warga terhadap perjuangan Sunan Prawoto dalam menyebarkan islam di area Desa Prawoto dan sekitarnya.

Syarofi, Panitia Haul Sunan Prawoto mengatakan, selain kirab budaya dalam haul tersebut juga turut digelar sejumlah rangkaian acara, seperti pengajian umum dan santunan anak yatim, pasar malam, turnamen voli, hingga khataman Al Qur’an.

Turut hadir juga Camat Sukolilo, para pengageng Keraton Surakarta Hadiningrat, dan bahkan disaksikan turis mancanegara. Acara ini sangat spesial karena Desa Prawoto baru saja menyelesaikan pembuatan alun-alun yang berada di tengah-tengah desa untuk tempat pasar malam dan kegiatan positif warga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here