Parade Gamelan VI

KabarDesa.com, Klaten – Mengakhiri tahun 2016 ini “Parade Gamelan” kembali diselenggarakan di Dusun Tegalcorocanan, Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pemilihan lokasi ini pun tidak sembarangan, karena Dusun Tegalcorocanan adalah salah satu dusun yang masuk dalam Kawasan Budaya Tritunggal.

Kawasan Budaya Tritunggal ini adalah kawasan kebudayaan Jawa yang didalamnya terdiri dari tiga dusun, yakni Dusun Tegalcorocanan, Dusun Tegalngasem, dan Dusun Gadugan. Semuanya berada di Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

Salah satu perkembangan dari Kawasan Tritunggal ini adalah ditetapkannya sebagai kawasan budaya dan diberi nama Gelar Seni Budaya (GASEBU). Di kawasan ini miliki banyak potensi khususnya dalam bidang seni, budaya, dan tradisi.

Berdirinya kawasan budaya ini pun tak lepas dari peran aktif salah satu tokoh masyarakat setempat, yakni Drs. Sukisno, M.Sn yang juga sebagai penggiat dan penanggung jawab dari acara Parade Gamelan ini.

Menurut keterangan dari Fitri Febriyanto, Ketua Panitia Parade Gamelan VI, dulunya Sukisno aktif di BBM (Balai Budaya Minomartani) yang berada di daerah Condong Catur, Yogyakarta. Awal mulanya dulu beliau merintis Parade Gamelan I di tempat tersebut mulai tahun 2011.

Baru setelah Parade Gamelan I – IV, beliau berinisiatif untuk menyelenggarakannya di dusun beliau tinggal, yakni Kawasan Tritunggal tersebut.

Parade Gamelan VI yang akan diselenggarankan Sabtu, 31 Desember 2016 nanti, penyelenggaranya adalah dari pihak GASEBU yang bekerja sama dengan UKM UKJGS (Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta) UGM. Alasan memilih UKM UKJGS adalah ukm ini memang bergerak dibidang seni dan selain itu juga sudah dikenal oleh Sukisno.

Parade Gamelan VI kali ini mengusung tema “GAMELAN : The Spirit of Life in Diversity“. Maksud dan tujuan mengambil tema ini karena di dalam seni karawitan itu memiliki berbagai jenis-jenis penyajian dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Harapannya dengan adanya keaneragaman tersebut, seni karawitan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan tidak hanya orang dewasa saja, tetapi juga oleh anak-anak maupun generasi muda sekarang ini. Tentu tanpa harus mengorbankan unsur tradisi aslinya.

Di Parade Gamelan VI nanti bakal dimeriahkan oleh 50 grup (peserta) diantaranya adalah Kamasetra, Gayatri, Gasita, Prasasti, UKJGS UGM, SMA N 9 Yogyakarta, Kalimasada UIN, Wilasita Rukhmi, BKKT UNS, Gendhing Bahana, Gandhewa UNY, PBD UNY, SMK N 2 Jeis, Teater Lilin Atmajaya, Gamasutra, dan sebagainya.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Parade Gamelan VI ini juga akan diadakan acara pendukung lainnya, seperti :

  • Kirab Budaya : “Lakuning Gangsa”
  • Sarasehan Budaya : “Guyub Gamelan”
  • Eksibisi Gamelan : “Gamelan dalam Perspektif”
  • Konser Gamelan : “GAMELAN: The Spirit of Life in Diversity”
  • Seremonial Tahun Baru : “Cit-citcuit Party”

Acara mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB dan berakhir hingga tahun baru tiba. Bagi yang belum ada agenda, mari ramaikan pergantian tahun dengan melestarikan budaya lokal.

Baca juga :¬†Ayo Hadiri “Parade Gamelan 6” Yang Akan Diadakan Akhir Tahun Ini

Parade Gamelan VI, Sabtu 31 Desember 2016, Mulai pukul 10.00 WIB di Pendopo GASEBU, TegalCorocanan, Solodiran, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here