KabarDesa.com, Pidie – Atas dasar niat tulus dua pemuda Gampong Cot Baroh yang ingin memajukan gampong salah satunya dengan mempromosikan gampong melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu dengan menciptakan e-government gampong.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Gampong Cot Baroh yang sempat tertatih-tatih karena masalah jaringan dan prasaran telekomunikasi yang tidak menjangkau sampai ke Gampong Cot Baroh, segala sesuatu harus menggunakan modem GSM harus membayar harga pulsa yang mahal, akan tetapi dengan latar belakang yang penuh suka dan duka Gampong Cot Baroh tetap bersuara memberitakan Gampong hingga ke kancah Nasional sampai terdegar oleh Pemerintah.

Bahkan sempat mendapat penghargaan DesTika Awards sebagai desa teknologi informasi dan komunikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Alhamdulillah saat ini Gampong Cot Baroh telah meraih kemerdekaan akses tanpa batas, tapi akses tanpa batas tidak bebas sebebasnya, akses tanpa batas hanya untuk internet positif. Gampong Cot Baroh akhirnya mendapatkan hibah VSAT (Very Small Aperture Terminal) dari Kominfo bersama BP3TI.

Abdul Muthaleb Abu Bakar salah seorang warga Gampong Cot Baroh sangat senang dan sangat berterima kasih atas hibah ini dan dia akan menggunakan untuk hal-hal yang positif. Dan di lain kesempatan Safwaturrahman dan Muhammad Dahlan Gantoe mengatakan hibah ini berdasarkan kerja kami sejak tahun 2013 yang pada saat itu masih disepelekan oleh warga.

“Semoga dengan adanya fasilitas wi-fi ini bisa digunakan untuk mengakses informasi positif seperti informasi gampong, informasi pertanian dan sebagainya yang intinya sesuai dengan Syariat Islam atau bahasa IT-nya Internet Sehat,” ucap Safwaturraman.

Sebelumnya, 8 September 2016, Gampong Cot Baroh telah mengajukan surat permohonan ke Badan Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) di Jakarta untuk masuk dalam program sistem pengelolaan pembangunan desa yang merupakan program yang mengkombinasikan Gerakan Desa Membangun (bottom – up) dan Gerakan Desa Membangun (top-down).

Dalam hal ini desa atau gampong merupakan subjek pembangunan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang- Undang No.6 tahun 2014 tentang desa, atas dasar latar belakang Gampong Cot Baroh yang telah aktif dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat sasaran untuk kemajuan gampong dan Gampong Cot Baroh menjadi salah satu peserta dari 200 Desa di Indonesia dalam program sistem pengelolaan pembangunan desa.

Siap memanfaatkan Vsat untuk internet positif
Siap memanfaatkan Vsat untuk internet positif

Sistem pengelolaan pembangunan desa sendiri adalah program dari BP2DK (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan) bekerja sama dengan KSP (Kantor Staff Presiden), melalui program tersebut, gampong yang terdaftar dalam program sistem pengelolaan pembangunan desa mendapatkan dukungan jaringan internet dan hibah sarana prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here