KabarDesa.com, Pasuruan – Pengurus dan anggota Gerakan Muda Raci (GEMURA) di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan setiap dua minggu sekali melakukan konsolidasi yang membahas kemajuan pertumbuhan desa serta SDM pemuda yang lebih baik melalui Pelatihan & Pemberdayaan Pemuda.

Dengan adanya kegiatan rutin seperti ini diharapkan para anggota dapat lebih akrab dan memunculkan gagasan – gagasan baru untuk program yang telah direncanakan. Salah satunya meningkatkan Sumber Daya yang ada dan menyesuaikan dengan budaya lokal agar terjadi keharmonisan dalam melakukan peran ekonomi.

Karena GEMURA juga mempunyai gagasan Ekonomi Kreatif ( nomiatif ) yang menjadi gagasan utama dalam melakukan pengembangan soft skill pemuda desa.

Ini juga tidak lepas dari peranan Bapak Sya’roni HS selaku Kepala Desa Raci yang mengatakan “One Village One Product“, maka dari itu kami sebagai pemuda yang nantinya pasti akan menjadi pelaku aktif dalam hal tersebut berencana melakukan penguatan karakter “Young Entrepreneur“.

Sehingga nantinya akan menjadi pondasi dalam melakukan aktivitas perekonomian. Langkah yang telah kami lakukan ialah dengan mencoba budi daya ikan lele yang sampai saat ini telah berjalan selama satu bulan dengan rencana melakukan panen pada bulan ke-4 (empat) dan akan didistribusikan kepada masyarakat sekitar serta pasar lokal di Desa Raci.

Dari pendapatan budidaya lele ini nantinya diharapkan dapat menyentuh bidang ekonomi yang lain, misal : usaha sablon kaos, olahan makanan, kerajinan tangan dan dibidang jasa cuci motor. Dengan adanya kegiatan yang positif dan kreatif seperti ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan mengurangi tingkat pengangguran.

Seperti kita ketahui dewasa ini banyaknya jumlah pengangguran yang terjadi dikalangan dewasa pertama / lulusan SLTA dikarnakan tidak mempunyai soft skill ganda, maka melalui wadah Organisasi GEMURA diharapkan pemuda Desa Raci yang menjadi angota akan mampu memiliki soft skill ganda sehingga mampu bersaing di era pasar bebas seperti sekarang ini.

Penulis : Gerakan Muda Raci
Editor : Setia Adi Firmansyah

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here