KabarDesa.com – Keberadaan pasar tradisional saat ini masih sangat dibutuhkan warga. Namun seiring perkembangan zaman keberadaan pasar tradisional lambat laun kian tergeser oleh pasar-pasar modern seperti mall maupun swalayan yang hampir setiap sudut kita temui.

Seiring dengan itu pula masyarakat bisa mengambil sikap untuk mengaripi perkembangan zaman. Nah, jelajah ke Desa Situ Udik masih ada pasar tradisional yang namanya cukup unik yaitu Pasar Sabtu. Sesuai dengan hari pasar seminggu sekali yaitu pada hari sabtu. Kalau boleh penulis namakan ini pasar “weekend” karena pasar ini hanya ada di akhir pekan.

Sebenarnya nama-nama pasar sesuai dengan nama hari itu banyak seperti Pasar Minggu, Pasar Senin dan nama hari lainnya namun keberadaan pasar tersebut bisa dijumpai setiap hari. Berbeda dengan Pasar Sabtu di Desa Situ Udik Cibungbulang Bogor yang buka hanya setiap akhir pekan yaitu hari sabtu.

Rutinitas warga didesa tersebut sangat terlihat antusias dipasar tersebut sehingga tak heran jalan sekitar pasar tersebut ramai dan kerapkali menimbulkan kemacetan.

Pasar tersebut memang dikelola oleh perseorangan namun alangkah baiknya jika pemerintah setempat ikut andil dalam menata lingkungan pasar terutama jalan yang terkadang bisa mengganggu kenyamanan para pengguna jalan.

Walaupun keramain tersebut hanya seminggu sekali namun penataan demi kenyamanan warga dalam berbelanja maupun pengguna jalan bisa teratasi sehingga weekend di pasar sabtu bisa berjalan sesuai harapan yaitu kenyamanan beraktifitas terutama disekitar Pasar Sabtu. Nah, selamat weekend di pasar Sabtu.

Editor : S Adi Firmansyah

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here