Kelompok Tani Desa Buttu Sawe Terima Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

0
79
views

Kabardesa.com, Pinrang – Pemerintah Desa Buttu Sawe, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan mengadakan pelatihan kepada kelompok tani tentang pembuatan pupuk kompos organik pada Senin hingga Selasa (25-26 Desember 2017). Kegiatan ini berlangsung di kantor desa dan sekretariat Kelompok Tani Buttu Sawe Kecamatan Duampanua.

Burhanuddin Hasan, S.P, selaku pemateri menjelaskan bahwa dalam pembuatan pupuk kompos ini menggunakan limbah padi jerami dan kotoran hewan ternak. Dan petani harus tahu bagaimana cara pembuatan pupuk kompos organik ini.

Dengan adanya pelatihan ini, Burhanuddin berharap nantinya para petani dapat mempraktekannya sendiri di lahan sawah maupun kebunnya.

Kahar, salah satu pendamping desa dari Kecamatan Duampanua yang juga hadir dalam kegiatan ini sangat menyambut baik. DanĀ  pihaknya memiliki keinginan untuk menindak lanjuti pelatihan ini untuk ke depannya.

“Nantinya dimaksimalkan rencana tidak lanjut, pembuatan pupuk kompos organik bisa dilakukan perlakuan pada tanaman padi dan kebun serta berkelanjutan, dimana proses pembuatan pupuk organik kompos dengan tersedianya bahan baku bisa dibuat dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Buttu sawe ke depan,”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here