Kabardesa.com, Sinjai – Saluran irigasi adalah hal yang sangat vital bagi perkembangan dan kemajuan pertanian terutama sawah-sawah para petani. Yang mana kita ketahui bahwa tanaman padi sangat peka terhadap kekeringan.

Seperti yang dialami petani pada musim panen tahun ini di Lingkungan Siria, Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan akibat tidak lancarnya sistem pengairan. Penyebabnya dikarenakan beberapa hal, diantaranya mudah longsor karena belum adanya tanggul untuk menahan dinding saluran, pematang belum di semen sehingga menyebabkan mudah erosi dan mengakibatkan pematang sangat mudah runtuh atau bocor.

Namun partisipasi dari masyarakat di Lingkungan Siria ini tidak pernah pudar, meskipun gagal panen tahun ini yang berakibat sekitar 65% daerah persawahan menjadi kering. Dan petani sangat memerlukan perhatian khusus dari pemerintah agar tidak lagi jadi kekeringan.

Padahal jika diperhatikan, sungai yang mengapit daerah adalah sungai bintula yang tidak pernah kering. Sungai inilah yang menjadi induk dari saluran irigasi pertanian di Balakia.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here