Sirup Blewah, Inovasi Baru Desa Tondowulan

1
46
views

Desa Tondowulan yang berada di Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang merupakan salah satu daerah penghasil blewah. Buah yang memiliki warna daging orange itu biasanya dicari masyarakat untuk dijadikan minuman seperti es blewah. Rasanya yang segar dan manis membuatnya sangat cocok sebagai campuran minuman pelepas dahaga.

Setiap kali panen, Desa Tondowulan bisa menghasilkan blewah yang melimpah ruah. Hal tersebut dapat membawa keuntungan bagi para petani blewah jika harga di pasar stabil dan permintaan meningkat. Akan tetapi, dapat menimbulkan kerugian jika harga di pasar anjlok dan permintaan menurun. Sehingga terkadang para petani kualahan mengatasi masalah tersebut.

Berbekal rasa kepedulian dan keinginan untuk membantu masyarakat, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang berada di Desa Tondowulan berinisiatif untuk membuat inovasi produk dari buah blewah. Produk tersebut berupa sirup dan selai blewah.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi pengolahan hasil pertanian yang dilaksanakan pada hari Jum’at (25/5) di balai desa. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memperkenalkan potensi desa dan rencana pemanfaatan potensi di masa mendatang.

Sebulan kemudian, yakni pada hari Senin (25/6) dilaksanakan praktek membuat sirup di balai desa dengan mengundang tim penggerak PKK.

Acara praktek memasak sirup blewah berjalan lancar. Diiringi musik dangdut, para ibu-ibu memasak dengan semangat bahkan sebagian dari mereka memasak sambil bergoyang. Para peserta yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut dibagi menjadi 4 kelompok. Di setiap kelompok terdapat satu mahasiswa yang mendampingi.

Di penghujung acara, penanggung jawab kegiatan mengumumkan kelompok yang berhasil membuat sirup dengan rasa yang pas dilanjutkan dengan pemberian bingkisan.

“Kegiatan ini sangatlah menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. Potensi desa berupa blewah sudah saatnya dikembangkan untuk kemajuan desa Tondowulan,” tutur Wijonarko, Kepala Desa Tondowulan.

Di masa mendatang sirup blewah ini diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan Desa Tondowulan dan menjadi oleh-oleh khas Jombang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here