KABARDESA.com – Apabila anda ke Jogja, dan menuju arah Jalan Parangtritis pasti akan menemui sebuah papan informasi bahwa anda telah memasuki kawasan Desa Wisata salah satunya adalah Desa Tembi.

Desa Tembi tepatnya terletak di Jalan Parangtritis KM. 8.5, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Cukup waktu 15 menit untuk menuju Desa Tembi jika anda berada di Titik Nol Malioboro.

Desa ini memang sudah menjadi sebuah Desa Wisata yang menawarkan suasana pedesaan khas Jogja.

Karena potensi yang ada di Desa Tembi maka desa ini dijadikanlah sebuah Desa Wisata oleh Menteri Kebudayaan Indonesia. Potensi yang ada di Desa Tembi ini adalah kerajinannya, untuk mendukung hal itu maka di Desa Tembi ini banyak homestay yang disewakan bagi pelancong yang ingin menikmati suasana desa Tembi, ada sekitar 45 Homestay di Desa Tembi, dan suasananya masih desa banget.

Sejarah Desa Tembi

Keberadaan Desa Tembi ini pun tak luput dari latar belakang munculnya asal muasal Desa ini, masyarakat sekitar menyebutkan ada beberapa versi tentang asal usul Desa Tembi ini :

1. Tembi pernah menjadi tempat penitipan anak-anak raja, sehingga warga sekitar percaya bahwa orang-orang yang datang dan menginap di Tembi akan sukses seperti “raja”.

2. Tempat Peristirahatan para Abdi Dalem Kraton

3. Pernah ada Abdi Dalem Kraton Kasunanan Solo yang bermaksud menuju Imogiri tetapi dia nyasar menuju Tembi dan memutuskan untuk tidak kembali ke Kraton.

4. Tempat Menyusui Anak-anak Raja

5. Dusun Tembi dulu menjadi tempat abdi dalem yang bertugas menyusui anak-anak dan kerabat raja.

6. Kunjungan para Abdi Dalem Kraton

7. Dahulu ada Abdi Dalem yang berkunjung ke Tembi dan ia ditanyai oleh warga dalam bahasa Jawa halus : “Nembe mawon rawuh nggeh?” (“Baru saja datang ya?”). Kata-kata ”nembe” itulah yang selanjutnya menjadi asal-muasal nama dusun Tembi.

 

Menikmati Suasana Homestay

Berhubung Desa Tembi ini merupakan dijadikan desa wisata, maka masyarakat sekitar mengelola Desa ini dengan menyediakan homestay-homestay yang menyatu dengan rumah warga dengan tujuan agar wisatawan yang singgah di Tembi akan lebih merasakan suasana desa yang asli tanpa dibuat-buat. Homestay di Desa Tembi ada yang seperti rumah jawa biasa ada juga yang telah dibangun dengan arsitektur Jawa Tradisional (Joglo).

Sehingga para wisatawan yang singgah di desa ini, akan melihat aktivitas warga Tembi secara langsung, dan hal inilah yang membuat unik dan terasa natural apabila berkunjung di Desa Wisata Tembi.
Masih banyak potensi wisata yang ada di Desa Tembi ini, seperti Museum Rumah Budaya, dan tak luput juga kuliner khasnya, seperti Nasi Brongkos, Sagon (panganan khas yang terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula)

Untuk informasi selengkapnya tentang Desa Wisata Tembi ini, anda bisa mengakses website resminya di www.tembi.net

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here