Musrenbangdes Desa Raci
Bapak Sya'roni HS, selaku Kepala Desa Raci. menyampaikan beberapa informasi dan arahan kepada masyarakat yang hadir dalam MUSRENBANGDES.

KabarDesa.com, Pasuruan – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) merupakan kegiatan yang dilakukan setiap satu tahun untuk membahas rencana pembangunan dan peningkatan kualitas SDM ditingkat desa.

Pada hari Jum’at (4/8/2017) bertempat di Pendopo Balai Desa Raci, Kec. Bangil, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, Kepala Desa bersama Perangkat Desa mengajak Perwakilan Masyarakat mulai dari Tokoh Masyarakat, Ormas, OKP hingga Kelompok Tani untuk dapat memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan pembangunan dan peningkatan SDM masyarakat Desa Raci.

“Untuk Desa ada 4 hal yang perlu diperhatikan dan menjadi prioritas unggulan. Pembangunan Embung, BUMDes, Membangun Sarana Olahraga, dan Membangun Produk Unggulan Desa. Dengan arahan ini diharapkan Desa Raci mampu membuat perencanaan yang porposional dengan dana yang ada,” arahan disampaikan oleh Kaur Kasi Kecamatan Bangil, mewakili Bapak Camat Bangil.

Pembangunan ditingkat desa memang mendapat perhatian khuhus dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Harapannya desa mampu mandiri dalam berbagai sektor mulai dari ekonomi hingga pembangunan infrastruktur.

“Pada tahun ini Desa Raci memfokuskan pada pembangunan Pasar Desa sebagai BUMDes. Diharapkan nantinya dapat menyerap tenaga kerja dan bisa menampung produk hasil pertanian, perikanan dan kerajinan. Sehinga meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Raci,” ungkap Bapak Sya’roni HS selaku Kepala Desa Raci.

Desa raci sudah mengalami banyak perubahan pada 5 tahun terakhir ini. Pemerataan pembanguan di setiap dusun menjadikan Desa Raci semakin mengalami peningkatan seperti pavingisasi jalan, pembangunan sanitasi yang tahun depan ditargetkan menyasar 50 warga miskin serta drainase.

“RT, RW dan Kasun yang merupakan kepanjangan tangan dan ujung tombak Pemerintah Desa Raci diharapkan mampu mengajak masyarakat untuk merawat dan memelihara infrastruktur yang telah dibangun dengan Dana Desa, sehingga dapat member manfaat lebih lama,” pinta Bapak Sya’roni HS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here