KabarDesa.com, Ponorogo – Tekad Pemerintah Desa Crabak, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jatim untuk melestarikan seni budaya luhur layak mendapat apresiasi. Selain memiliki Kesenian Reyog Ponorogo sebagai seni budaya asli Ponorogo, Desa Crabak juga memiliki seni Gajah-Gajahan.

Bahkan dalam menyambut tahun baru 2017 ini, Pemerintah Desa Crabak meresmikan dan launching serta melakukan gebyakan seni Jaranan Thik. Menurut Kepala Desa Crabak, Danang Wijayanto, seni Jaranan Thik diberi nama Grup ‘Turonggo Seto’.

Menurutnya, kegiatan launching dilaksanakan di lapangan Desa Crabak, Jum’at (30/12) sore. “Luar biasa antusias masyarakat Desa Crabak dan sekitarnya untuk menyaksikan seni Jaranan Thik terbilang istimewa karena ribuan warga menyemut menonton atraksi seniman Jaranan Thik tersebut,” tegas Danang.

Selain Jaranan Thik ‘Turunggo Seto’, pihaknya juga mengundang seni Jaranan Thik ‘TunggulWulung’Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal yang kebetulan sudah lama terbentuk. “Penampilan dua grup ini sangat menghipnotis para penonton,” ungkapnya.

Danang juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Crabak yang mendukung penuh keberadaan beberapa kesenian yang ada di wilayah itu. “Terima kasih atas dukungan luar biasa masyarakat dalam melestarikan seni budaya bangsa ini,” tegasnya. (Muh Nurcholis)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here