Gerakan Pemuda Desa Bisa!

Gerakan Pemuda Bisa

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa peran serta pemuda dalam pembangunan suatu negara sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, Kami dari KabarDesa.com selaku media warga (dari warga untuk warga) ingin mengajak para pemuda-pemudi desa untuk bersama-sama membuat karya yang positif untuk negeri tercinta.

Apalagi sekarang ini keberadaan Pemuda dan Teknologi tidak bisa dipisahkan lagi. Dan dengan semakin meningkatnya teknologi harus diimbangi aksi yang positif, khususnya dari para pemuda. Agar nantinya keberadaan teknologi benar-benar dapat bermanfaat untuk umat manusia.

Sederhana saja, tidak perlu sesuatu yang besar. Cukup dengan membuat program berkesinambungan yang aktif di tiap-tiap karang taruna desa. Itu sudah cukup untuk membentuk pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki jiwa dan karakter nasionalis yang tinggi.

Adapun program sederhana itu salah satunya adalah membentuk Tim Pewarta Desa yang diisi oleh pemuda pemudi desa terbaik di negeri ini.

Lalu apa bedanya program ini dengan program Jurnalisme Warga yang sudah ada di KabarDesa.com?

Sebagai bahan informasi saja, untuk program Jurnalisme Warga yang sudah ada tersebut adalah program untuk umum. Dalam arti tidak ada batasan umur maupun latar belakang, semua bisa mendaftar dan sifatnya personal bukan tim.

Sedangkan program Tim Pewarta Desa ini adalah program volunteering Gerakan Pemuda Desa Bisa yang dikhususkan untuk para pemuda desa dengan syarat dan ketentuan yang telah ada. Program ini berbasis tim, sehingga tiap desa harapannya ada tim pewarta yang aktif untuk mengabarkan daerahnya.

Syarat & Ketentuan :

  • Terdiri dari 4 orang (2 Pemuda, 2 Pemudi – opsional)
  • Umur 16 – 28 tahun
  • Aktif Dalam Organisasi
  • Berkomitmen & Bertanggung jawab
  • Punya Kemauan Untuk Terus Belajar
  • Paham Internet & Komputer

Benefit Bergabung di KabarDesa.com :

Tentu akan banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh para pemuda dan pemudi yang bergabung di sini, diantaranya adalah :
  • Networking Baru Pemuda Desa se-Indonesia
  • Ilmu Jurnalistik dari ahlinya
  • Tergabung Dalam Forum Diskusi Online
  • Meningkatkan Kemandirian
  • Bertambahnya Ilmu Pengetahuan & Wawasan
  • Meningkatkan Kecintaan Terhadap Negara Indonesia, dll

Nantinya para pemuda-pemudi desa bisa mengabarkan apa saja yang ada di desa, baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video. KabarDesa.com akan menjadikan wadah untuk mereka berkarya dalam mengabarkan desanya.

Tim Pewarta Desa ini nanti memiliki beberapa posisi :

  • Koordinator. Bertanggung jawab atas semua kegiatan peliputan yang dilakukan oleh Tim tersebut. Dan mengkoordinasi keaktifkan dan kekompakan tim. Selain itu Koordinator juga yang menjadi penghubung antara Tim Pewarta Desa dengan Tim KabarDesa.com
  • Reporter. Memiliki tugas peliputan, mencari informasi dan menulisnya di KabarDesa.com. Di lapangan, Reporter ini bisa dilakukan oleh koordinator maupun fotografer.
  • Fotografer. Bertugas untuk mengambil gambar/video ketika peliputan. Di lapangan, fotografer juga bisa untuk mencari sumber informasi.

*Untuk awal-awal tidak harus mengirim tulisan dengan gaya jurnalistik (apabila tidak menguasai metode jurnalistik). Yang terpenting adalah inti dari ingin diberitakan bisa sampaikan dengan jelas, lugas dan mudah dipahami orang lain.

Ruang Lingkup Konten :

Tim Pewarta Desa bisa mengabarkan informasi dari berbagai hal, seperti budaya, kuliner, potensi wisata setempat, pendidikan, kesenian, pertanian, religi, kesehatan, dana desa, peristiwa dan event desa.

Cara Bergabung :

  1. Silahkan unduh formulir data diri yang ada di bawah
  2. Lalu diisi oleh masing-masing anggota tim.
  3. Setelah itu kirimkan kepada kami melalui form di bawah atau email ke info@kabardesa.com, Subjek : Tim Pewarta Desa (Nama Desa Anda), Body email : isikan nama-nama anggota tim. Lampiran : Jangan lupa disertai lampiran surat keterangan/rekomendasi yang menyebutkan anggota tim tersebut telah mendapatkan persetujuan dari pihak organisasi karang taruna. Surat Keterangan ditandatangani oleh Ketua Organisasi/Karang Taruna setempat.
  4. Semua data tersebut dikirim melalui email anggota yang berposisi sebagai Koordinator tim.
  5. Setelah semua data dikirimkan. Pihak KabarDesa.com akan melakukan validasi pendaftaran tersebut.
  6. Apabila sudah disetujui, akan ada informasi tindak lanjut, dan Koordinator akan diinvite ke Group WhatsApp “Gerakan Pemuda Desa Bisa”
  7. Hal teknis lainnya akan diinformasikan lebih lanjut, baik via email maupun WhatsApp.
 

Mari buktikan bahwa Pemuda Desa bisa berkarya di desanya. Pemuda Desa bisa bersinergi bersama dalam pembangunan negara.

Jangan habiskan waktu mu untuk berpikir tentang sesuatu yang positif.

Silahkan unduh formulir data diri di bawah ini >> Unduh Formulir <<

Contoh surat persetujuan organisasi >> unduh

Kirim Formulir Pendaftaran & Surat Persetujuan di sini

Ada Pertanyaan? sms/wa 08563820901 email info@kabardesa.com

Belum tahu KabarDesa.com itu apa? Baca dulu di sini.