Tumpeng Sedekah Bumi

Kabardesa.com, PONOROGO – Berbagai kegiatan diadakan oleh Pemerintah Desa serta Masyarakat Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jatim dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72. Informasi dari Kepala Desa Tugurejo, Siswanto selain menggelar lomba kesemarakan, keindahan dan kebersihan Agustusan antar RT selama sebulan juga digelar parade budaya Desa Tugurejo.

Dia menjelaskan parade budaya keliling desa diikuti seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Tugurejo mulai petani, kelompok tani, pedagang, pengrajin, kelompok tani, karangtaruna, seniman, seni bela diri, lembaga pendidikan mulai PAUD hingga SMA/SMK dan MA, Perangkat Desa, BPD, LPMD hingga anggota PKK.

Parade budaya diikuti kirab tumpeng sedekah bumi diarak dari halaman SDN 2 Tugurejo menuju balai desa Tugurejo, Minggu (27/8/2017) sore. “Warga tertib jalan kaki mengikuti semua prosesi,” kata Siswanto.

Pihaknya juga menjelaskan kegiatan dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil bumi Desa Tugurejo. Masyarakat dihibur seni Reyog Ponorogo, Jaranan Thik,  Thek Tur hingga Drum Band.

Menurutnya, puncak acaranya adalah wayang kulit semalam suntuk di halaman SDN 2 Tugurejo didahului Pawai Obor, Pawai Ingkung Undur-Undur dan serah terima bangunan gedung SDN 2 Tugurejo dari hasil swadaya urunan masyarakat karena sebelumnya roboh akibat tanah retak. Bangunan itu juga atas partisipasi dari berbagai elemen komunitas di Ponorogo. (MUH NURCHOLIS)

Anugerah Patungan Hosting KabarDesa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here