Celebes Canyon

Kabardesa.com, Barru РAda salah satu wisata yang patut untuk dikunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan. Nama tempat wisata ini adalah Celebes Canyon. Letaknya berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Celebes Canyon sendiri berada di aliran Sungai Ule. Sungai Ule merupakan salah satu sungai yang masih sangat alami dan bersih. Jadi jangan heran jika aliran Sungai Ule yang melewati lokasi wisata ini masih sangat terlihat bersih tanpa polusi.

celebes canyon

Uniknya dari dari Celebes Canyon ini, walaupun musim kemarau aliran air sungai tidak kering. Bahkan air cenderung lebih jernih dan segar. Tetapi diharapkan bagi pengunjung yang datang jangan membuang sampah sembarangan. Selain dapat merusak lingkungan, juga belum tersedianya tempat sampah yang memadai.

celebes canyon

Untuk itu kiranya menjaga kebersihan di sekitar Celebes Canyon, sebab wisata ini nyatanya benar-benar masih sangat alami. Karena kealamian dari tempat ini terasa hamparan angin yang segar, air yang jernih, terlebih dengan suasana yang begitu nyaman, tentram dan bahkan penuh kedamaian.

celebes canyon

Memang, wisata alam Celebes Canyon belum banyak dikenali di sekitaran Sulawesi Selatan atau di daerah sekitar Kabupaten Barru. Hanya beberapa pecinta alam yang sudah sering ke sini yang baru mengetahuinya. Karena memang wisata alam ini baru dikenal banyak orang beberapa bulan terakhir.

Karena tergolong wisata alam yang baru, Maka di Celebes Canyon belum tersedia fasilitas yang memadai. Di sana belum tersedia toilet, fasilitas lain yang menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang tersedia baru area parkir yang dijaga oleh penduduk setempat.

celebes canyon

Setelah sampai di lokasi, seluruh rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan indahnya. Cobalah untuk sekedar bermain air,  air yang masih sangat jernih tanpa polusi dengan pemandangan alam yang indah, hamparan sawah yang dilewati saat menuju ke lokasi terasa suasana yang alami. Selain itu penduduknya yang ramah saat kita berkunjung dan selalu berpesan jangan mencoret-coret batu yang ada di sana dan jangan membuang sampah di sungai.

Semoga ke depan pemerintah daerah setempat bisa memperhatikan wisata alam Celebes Canyon. Paling tidak untuk menambah fasilitas di sana, sebab potensi alam ini bisa dikembangkan dan dampaknya adalah peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

Anugerah Patungan Hosting KabarDesa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here