IMG-20170727-WA0007

KabarDesa.com, PONOROGO – Masyarakat Dukuh Kacangan, Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mulai tersenyum gembira. Pasalnya warga di wilayah Dukuh Kacangan saat ini mendapat bantuan Program Budidaya Ikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Informasi dari Supriono selaku Ketua Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Tunas Muda, Dukuh Kacangan, pihaknya mendapat alokasi program dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur. “Serta mendapatkan pendampingan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo,” ujar Supriono, Kamis (27/7/2017).

Pria yang biasa disapa Mas Pri atau Priyo Kuntet ini menambahkan Pokdakan Tunas Muda mendapat bantuan dalam bentuk bibit atau benih ikan nila, pakan ikan, diesel dan timbangan. “Yang jelas bantuan untuk Pokdakan Tunas Muda diterima sejak 13 Juli 2017 silam,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Perikanan Propvinsi Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Perikanan Ponorogo serta pihak-pihak terkait yang membantu terealisasinya program ini. “Besar harapan kami warga ┬áLingkungan Kacangan Setran khususnya juga Desa Sawoo pada umumnya ke depan agar ada program serupa untuk budidaya ikan di masyarakat,” tandasnya.

Pihaknya melalui program perikanan tersebut bisa mengurangi angka pengangguran di lingkungannya. “Yang jelas program ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk bertani ikan,” harapnya.

Selain itu pembudidayaan perikanan di Dukuh Kacangan terkendala masalah pengairan. “Adapun ┬ákendala yang saat ini kami alami adalah masalah pengairan kolam,” tambahnya.

Sehingga warga di wilayah Kacangan berharap ada bantuan sumur dalam. “Hal ini bertujuan memperlancar budidaya ikan karena yang kami lakukan saat ini adalah mengandalkan air dari sungai sepanjang 350 meter,” keluhnya. (MUH NURCHOLIS)

Anugerah Patungan Hosting KabarDesa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here