PONOROGO – Upaya pencegahan dini terhadap penanganan bencana alam terus dilakukan Pemerintah Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Hal itu ditandai dengan pelatihan tanggap bencana alam yang diikuti oleh karang taruna Desa Tugurejo bekerjasama dengan Tim SAR Ponorogo, Senin (8/5/2017) kemarin.

Menurut informasi dari Kepala Desa Tugurejo, Siswanto, kegiatan pelatihan tanggap bencana oleh 20 orang anggota karang taruna Desa Tugurejo tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Desa Tugurejo.

Seperti diketahui saat ini Desa Tugurejo termasuk rawan bencana alam. “Tanah Longsor dan Tanah Gerak mengancam desa kami,” kata Siswanto, Rabu (10/5/2017).

Dia menambahkan bencana tanah gerak di Desa Tugurejo membuat beberapa bangunan fasiltas umum termasuk sekolah dan puluhan rumah rusak. “Perlu relokasi ke tempat yang aman karena ancaman tanah gerak dan longsor di Desa Tugurejo,” tambahnya.

Siswanto menambahkan bahwa kegiatan pelatihan dilakukan secara swadaya. “Terima kasih atas support dan dukungan semua pihak terhadap pelaksanaan pelatihan tanggap bencana alam bersama karang taruna Desa Tugurejo ini,” pungkasnya. (MUH NURCHOLIS)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here