KabarDesa.com, Pangandaran –┬áDKM (Dewan Kemakmuran Masjid / masjid yang biasa digunakan untuk sholat Jum’at, red) Masjid Nurul Iman yang beralamat di RT 004/001 Dusun Banjarwaru, Desa Limusgede, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, memiliki kegiatan rutin untuk para jama’ahnya. Diantaranya adalah pengajian rutin yang diadakan setiap malam Jum’at, Jum’at pagi kegiatan pengajian ibu-ibu, dan satu bulan sekali pengajian desa yang dihadiri oleh masyarakat Desa Limusgede serta 8 DKM (Dewan Kemakmuran Masjid).

Selain menggelar pengajian rutin, DKM Masjid Nurul Iman juga menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar untuk anak-anak yang diberi nama Diniyah Takmilayah Awwaliyah (DTA). Kegiatan belajar ini tidak bertempat di masjid DKM namun berapa di masjid-masjid tiap RT.

Tidak hanya itu, kemarin Jum’at (24/3) Ketua DKM Masjid Nurul Iman, Ustadz Tohidin, selepas agenda pengajian mingguan telah meresmikan program Subuh Berjama’ah bagi siswa-siswi Taman Pendidikan Al Qu’an (TPA) Nurul Iman.

Program ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan Sholat Subuh secara berjama’ah. Ustadz Tohidin juga menghimbau agar semua pihak bisa mendukung program ini terutama untuk para orang tua. Diharapkan para orang tua siswa/i memberikan contoh kepada anak-anaknya untuk melaksanakan sholat Subuh berjama’ah. Karena jika orang tua mencontohkan, pada program ini akan mudah direalisasikan.

Hal ini juga dibenarkan oleh Dewa Penasehat DKM Nurul Iman, Ustadz H. Aos Firdaos, S.Pd.I, beliau menambahkan bahwa generasi harus dimulai dari masa anak-anak dan dalam menerapkan ajaran Islam, orang tua memiliki peran yang sangat vital.

Waktu yang dinikmati anak-anak lebih banyak di rumah, apalagi di era sekarang yang serba canggih. Orang tua perlu memberikan pendampingan untuk mengarahkan anaknya ke hal-hal yang positif. Karena tidak sedikit dari orang tua yang sibuk dengan ponselnya masing-masing sementara anak tidak diperhatikan. Hal ini perlu diantisipasi dari sekarang karena anak adalah amanah. Orang tua memiliki kewajiban mendidik dan tidak bisa hanya mengandalkan sekolah saja.

Ustadz H. Aos Firdaos, S.Pd.I berharap dengan adanya program Subuh Berjama’ah ini ini bisa diterapkan juga ditiap DKM. Sehingga nanti masjid akan dipenuhi oleh jama’ah dan kebarokahan yang tentu juga Insya Allah akan kita dapatkan. Aamiin.

Editor : Firmansyah

 

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here