KabarDesa.com, Bondowoso – Tanaman padi di tahun ini merupakan tanaman yang banyak digemari oleh warga Desa Bukor, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Karena hampir rata-rata sawah warga di Desa Bukor banyak yang ditanami padi.

Di tengah musim penghujan sekarang ini, banyak warga yang memanfaatkannya untuk menanam padi. Sebab, mereka bisa memanfaatkan air hujan untuk mengairi tanaman padi mereka. Berbeda jika waktu tanam padi dilakukan pada musim kemarau, untuk mendapatkan air agak terlalu sulit.

Seperti saat ini, Ibu Wahid, warga Desa Bukor sedang memanen padinya. Ia dibantu oleh beberapa warga baik tua maupun muda.

Nuansa tradisional masih kental di desa ini. Alat yang digunakan untuk panen padi pun masih menggunakan alat manual, yaitu papan kayu yang dibentuk menyerupai meja lalu pad dipukul-pukul di atasnya. Fungsinya untuk memisahkan gabah padi dengan tangkainya.

Yang menarik lagi adalah warga yang membantu proses panen biasanya tidak dibayar berupa uang. Mereka membantu dengan sukarela. Upah yang didapatkan hanya berupa jerami yang bisa dimiliki para warga yang membantunya.

Jerami-jerami itu nantinya digunakan untuk pakan ternak seperti sapi. Karena warga di Desa Bukor ini cukup banyak yang memelihara sapi. Ini juga menjadi kebahagian tersendiri bagi warga yang memiliki peliharaan sapi, karena mereka bakal mendapatkan pakan ternak (jerami) secara gratis.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here