KabarDesa.com, Bondowoso – Kerajinan besek ikan adalah salah satu sumber penghasilan warga Desa Bukor Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Karena rata-rata warga Desa Bukor membuat besek sebagai pendapatan mereka sehari-hari. Setiap hari warga Desa Bukor membuat besek dan menjualnya ke pengepul.

Harga dari besek pun lumayan mahal dan bisa untuk membeli kebutuhan mereka sehari-hari. Bahan yang digunakan membuat besek adalah bambu.

Ukuran besek yang dihasilkan bervariasi, besek yang ukurannya besar akan lebih mahal dibandingkan besek yang berukuran kecil. Di Desa Bukor banyak juragan besek besek, sehingga pembelian besek tidak hanya di Desa Bukor, tapi sampai ke desa-desa lain yang warganya juga pengrajin besek.

Tapi jika musim hujan seperti saat ini, harga besek akan mengalami penurunan.

Kata salah satu juragan besek, Ibu Haliya, hal ini disebabkan banyak nelayan yang tidak berlayar di saat hujan. Sehingga akan berimbas terhadap penghasilan pengrajin besek. Jika ikan mulai berkurang, maka permintaan besek pun akan semakin sedikit, ini akan berdampak pada harga besek.

Meskipun harga besek mengalami penurunan, warga Desa Bukor tetap antusias membuat besek, karena bagi mereka besek adalah pekerjaan mereka sejak dulu.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here