KabarDesa.com, Sinjai – Hari ini, Rabu (15/3) Kelompok tani dan ternak di Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Sinjau, Sulawesi Selatan, menyelenggarakan acara pembentukan lembaga berbasis koperasi. Acara ini berlangsung di Aula Pertemuan Langtebung Kelurahan Balakia.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa pemangku pemerintah dan elemen masyarakat, diantaranya Kepala Kelurahan Balakia, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas UKM dan Ketenagakerjaan, Penyuluh Lembaga Perkoperasian serta Kelompok Perikanan Budidaya dan Kelompok tani beserta anggota-anggotanya.

Acara ini diselenggarakan atas dasar melihat potensi sumber daya alam yang ada di Kelurahan Balakia, terutama sumber daya alam hayatinya yang kurang terkelola dengan baik. Maka beberapa elemen masyarakat yang tergabung dalam beberapa kelompok, baik kelompok pertanian hortikultura, mina padi, peternakan, maupun kelompok perikanan budidaya, berinisiatif membentuk suatu lembaga koperasi.

Hal ini bertujuan untuk menyejahterakan anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu adanya koperasi ini juga untuk melatih masyarakat membangun kerjasama dalam mengelola kelompok serta melatih kejujuran dan keterbukaan dalam berkelompok.

Walaupun kaya akan sumber daya alam hayati, tetapi dalam pengelolaannya masyarakat petani, pembudidaya maupun ternak, kerap kali terkendala masalah dana. Jadi untuk menyiasatinya maka diusulkan agar membentuk lembaga koperasi. Agar nantinya kelompok petani maupun masyarakat pada umumnya dapat berdaya dalam kemandirian.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here