Kabardesa.com, Gowa – Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau biasa dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, diharapkan mampu terlaksana di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kamis (26/1) Pemerintah Desa Kanreapia dan pendamping/fasilitator Pamsimas Kecamatan Tombolo Pao mengadakan sosialisasi yang berlangsung di Kantor Desa Kanreapia. Acara ini diikuti oleh unsur pemerintah desa, BPD, RT/RW, dan masyarakat desa Kanreapia.

Setelah sosialisasi, acara dilanjutkan dengan meninjau langsung sumber – sumber mata air yang ada di setiap dusun dan desa Kanreapia.

Hadir sebagai pendamping Pamsimas, yakni Bapak Amiruddin, Ibu Siska dan Hirawati, beliau menyampaikan program Pamsimas merupakan program yang akan mengarahkan masyarakat menjadi masyarakat yang memiliki gaya hidup sehat yakni dengan tidak BAB sembarangan, kebutuhan air minum masyarakat tercukupi, dan perlu diingat program ini mengutamakan kaum disabilitas, orang miskin serta sekolah – sekolah.

Program Pamsimas adalah amanat RPJPN 2005 – 2025 dan RPJM 2015 – 2019. Pemerintah melalui program pembangunan nasional “Akses Universal Air Minum dan Sanitasi Tahun 2019”, menetapkan bahwa pada tahun 2019, Indonesia dapat menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi 100% rakyat Indonesia.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here