Kabardesa.com, Pasuruan – Tarik tambang merupakan kompetisi yang sangat disukai oleh masyarakat kawasan pesisir. Karena merupakan aktivitas pengisi waktu senggang pasca melakukan pekerjaan melaut dan tambak. Sehingga dengan adanya perlombaan ini membuat semangat baru para kalangan muda dan mengingatkan masa – masa nostalgia kepada kalangan tua yang mulai pensiun dari kegiatan tarik tambang.

Dengan semangat mengawali tahun baru 2017, Gerakan Muda Raci ( GEMURA ) Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, kemarin hari Minggu (22/1) mengadakan perlombaan tarik tambang antar RT se-desa Raci. Kegiatan ini dilakukan demi merawat dan meneruskan tradisi tarik tambang yang sudah ada sejak dulu dan sering dikompetisikan pada tingkat kelurahan/desa bahkan tingkat kabupaten.

Perlombaan ini diikuti sebagian besar RT yang ada. Dari 17 RT yang ada di Desa Raci, 11 RT mendaftarkan tim terbaiknya dan mendapat antusias dari seluruh masyarakat Desa Raci.

Pada perlombaan ini merebutkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 1.800.000 yang dibagi 4 pemenang. Juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 700.000 diraih oleh Tim Restu Ibu dari RT 03 Dusun Raci Timur, Juara kedua mendapatkan Rp 500.000 diraih Tim Banteng Ucul dari Dusun Pandelekan, Juara ketiga diraih tim Angling Darma dari Dusun Raci Krajan RT 03 mendapat hadiah sebesar Rp 350.000 serta Juara keempat diraih oleh tim Adella dari RT 02 Dusun Raci Krajan dengan hadiah sebesar Rp 250.000.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh rekan – rakan dari komunitas PSP ( Pasuruan Street Photography ) yang merupakan sebuah komunitas fotografer jalanan yang ada di Pasuruan yang peduli dengan budaya, kehidupan masyarakat pinggiran dan aktivitas kepemudaan.

Kehadiran komunitas PSP dengan membawa kamera DSRL semakin membuat semarak perlombaan yang membuat penonton dan peserta terpana oleh aktivitas pengambilan gambar yang dilakukan rekan – rekan PSP. Karena memang mayoritas masyarakat Desa Raci aktivitasnya melaut dan petani tambak sehingga modernisasi dari kamera DSLR membuat mereka terpukau.

Terselenggaranya perlombaan ini didukung oleh Kepala Desa Raci, Kepada Dusun Raci Krajan, Karang Taruna Pemuda Raci Bersatu, serta seluruh masyarakat Desa Raci yang sangat mengapresiasi kegiatan ini yang nantinya mungkin akan diadakan setiap tahunnya pada peringatan 17 Agustus.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here