Kabardesa.com, Sinjai – Masyarakat di Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat saat ini sedang mengembangkan budidaya bawang merah dengan berbagai varietas. Hal ini dilakukan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga maupun untuk dikirim ke berbagai daerah.

Usaha ini ditunjang dengan keuletan para masyarakat petani dalam bercocok tanam dan memang kondisi lahan (tanah) di daerah ini sangat subur.

Kelurahan Balakia yang merupakan daerah ujung barat Kabupaten Sinjai ini berbatasan lansung dengan Kabupaten Gowa yang juga perupakan petani sayur (hortikultura).

Namun di Balakia ini sedikit berbeda dengan daerah lainnya, karena di Balakia bercocok tanam sayur-mayur menggunakan sistim alih fungsi. Artinya dari lahan persawahan beralih fungsi ke lahan perkebunan ataupun sebaliknya. Adapun alasan mereka menggunakan sistim ini yakni untuk menjaga kesuburan dari tanah itu sendiri dan untuk menghilangkan zat-zat kimia yang digunakan saat bercocok tanam sayuran (hortikultura).

Di tambah dengan daerahnya yang cukup strategis dan transportasi yang terbilang lancar, membuat para petani di desa ini cukup mudah memasarkan hasil pertaniannya.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here