Kabardesa.com, Sinjai – Desa Balakia tepatnya wilayah Sinjai Barat Kabupaten Sinjai sedang dikembangkan budidaya ikan air tawar dengan sistem mina padi. Kegiatan ini telah terlaksana mulai satu tahun yang lalu.

Desa Balakia memiliki jumlah penduduk sekitar 1.550 jiwa dengan mata pencaharian penduduknya 67% sebagai petani/pembudidaya atau buruh tani, selebihnya terdiri dari macam-macam profesi.

Sehubungan dengan semakin tingginya kebutuhan pangan khususnya lauk pauk yang bahannya dari ikan, maka masyarakat Desa Balakia sekarang ini sedang menggeluti usaha pengembangan perikanan budidaya.

Hal ini agar petani bisa meningkatkan penghasilan dan pendapatan. Selain itu juga dapat meningkatkan mutu gizi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di pedesaan serta mengurangi tingkat pengangguran serta kenakalan remaja.

Di dalam budidaya ini terdapat beberapa kolompok petani yang turut berkontribusi dalam pelaksanaannya yakni, Pokdakan Langtebung, Pokdakan Mina Tassika, Pokdakan Mina Sejahtera, Pokdakan Sumpang Romang, dan Pokdakan Salu Lompoa.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here