KabarDesa.Com – Guna memajukan portal berita KabarDesa.Com lebih baik lagi, para pewarta Kabar Desa, Sabtu (7/1/2017) menggelar diskusi online membahas apa-apa yang perlu dibenahi dalam upaya meningkatkan kualitas media online berbasis jurnalisme warga tersebut.

Tercatat lebih dari 20 pewarta warga, mengikuti diskusi online di grup WA “Pewarta Warga Kabar Desa.” Berbagai masukan atau usulan mengemuka dalam diskusi yang dimulai pukul 20.000 WIB itu.

Dalam kesempatan diskusi, Owner sekaligus admin Kabar Desa.Com, Setia Adi Firmansyah, menyampaikan bahwa kehadiran Kabar Desa selain untuk memberikan kabar positif  juga untuk meningkatkan kebiasaan menulis.

Diskusi yang dimoderatori oleh Setia Adi Firmansyah berjalan dinamis dan menghasilkan beberapa kesepakatan yang harus diperhatikan para jurnalis warga yang tergabung dalam KabarDesa.Com.

Adapun poin-poin yang harus diperhatikan para jurnalis warga, diantaranya, konten yang ditulis harus orisinil dan bukan hasil copy paste dari media lain.Selain itu, jika pewarta warga juga menulis di media lokal lain atau media punya sendiri konten wajib ditulis ulang bila dikirimkan ke Kabar Desa.

Diskusi juga menyoroti  soal banyaknya pewarta warga yang bergabung di KabarDesa.Com tetapi  hanya sebagian saja yang aktif menulis di portal berita ber-tagline “Bersinergi Membangun Indonesia” ini.

Menyikapi hal tersebut, setelah memperhatikan usulan yang masuk ke moderator akhirnya disepakati bahwa para jurnalis warga yang bergabung di Kabar Desa namun tidak mengirimkan berita dalam rentang 3 bulan sejak bergabung, akun yang bersangkutan di KabarDesa.Com akan dibekukan.

Adapun hasil diskusi online tersebut diantaranya adalah :

1. KEANGGOTAAN

  • Anggota KabarDesa.com adalah yang sudah mengisi formulir data diri, membuat akun, dan mengirim kabar dalam jangka waktu 3 bulan setelah pendaftaran.
  • Jika lebih dari 3 bulan tidak mengirim kabar, maka keanggotaan akan dibekukan. Sebelumnya akan dikonfirmasi ke yang bersangkutan, jika tidak ada respon lagi maka akun & keanggotaan akan dihapus.
  • Hal ini juga berlaku untuk anggota lama yang belum pernah mengirim berita.

2. KONTEN

  • Setiap pewarta warga harus mengirim konten yang orisinal, dan ditulis sendiri. Bukan hasil copy paste dari media lain.
  • Konten harus seputar desa.
  • Jika belum ada kategorinya, pewarta bisa saja mengirimnya, asal tetap seputar desa.
  • Bagi pewarta yang juga mengelola media lokalnya, berita harus ditulis ulang sebelum dipublikasikan di KabarDesa.com
  • Konten berita berupa kritik, haruslah yang bersifat membangun.

3. PROGRAM

  • Akan diadakan awarding untuk para pewarta warga. Nantinya akan dipilih pewarta terbaik tiap bulannya.
  • Penghargaan saat ini baru berupa e-certificate dan banner profil pewarta di sidebar website KabarDesa.com selama 1 bulan.
  • Untuk waktu dimulainya awarding akan diinfokan lebih lanjut.
  • Bulan Februari akan diadakan pembuatan seragam (kemeja) dan ID Card khusus pewarta warga / anggota aktif
Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here