KabarDesa.com, Pidie – Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dibendung. Apalagi kebutuhan masyarakat akan pemanfaatan internet yang tepat sasaran semakin dominan. Hal ini membuat internet seakan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, baik di gampong (desa, red) maupun di kota besar.

Gampong Cot Baroh adalah sebuah Gampong atau Desa yang terletak di Kemukiman Aron Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie. Di mana sejak akhir 2013 telah memiliki portal website gampong dengan alamat www.gampongcotbaroh.desa.id yang digagas oleh dua orang putra Gampong Cot Baroh. Dan hingga saat ini Gampong Cot Baroh sudah tidak asing lagi dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendesa dan PDT) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Photo saat diskusi dengan team Kemendesa dan PDT
Photo saat diskusi dengan team Kemendesa dan PDT

Di mana Kemendes mengirimkan dua utusan yaitu Ibu Sri Mulyani Hardyanti dan Ibu Nuryeni dari Pelayanan Sosial Dasar Desa yang disambut oleh Keuchik Gampong Cot Baroh, Abdul Gani Hasan, dan beberapa orang perangkat gampong

Tujuan kedatangan tim tersebut untuk mengetahui bagaimana sejarah awal mula pengagasan dan pemanfaatan Sitem Informasi Desa di Gampong Cot Baroh yang sudah berjalan selama tiga tahun. Safwaturrahaman dan Muhammad Dahlan Gantoe sedikit menceritakan proses awal pembuatan website Gampong Cot Baroh hingga mendapatkan penghargaan Destika Awards 2014 dari Kominfo dan menjadi bagian dari Film dokumenter nasional berjudul ASADESSA serta penghargaan AcehThanks2TheWorld sebagai gampong dengan website terbaik.

Safwaturrhaman selaku relawan TIK Cot Baroh melaporkan untuk KabarDesa.com
Safwaturrhaman selaku relawan TIK Cot Baroh

Kedatangan Ibu Hardyanti dan Ibu Nuryeni Ke Gampong Cot Baroh turut didampingi oleh Bapak M. Yusuf, S. Sos, MM selaku Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Perdesaan BPM Kabupaten Pidie, Bapak Fauzi, ST selaku Tenaga Ahli TTG P3MD dan perwakilan dari kantor camat Kecamatan Glumpang Tiga.

Ibu Hardyanti berharap Gampong Cot Baroh bisa menjadi contoh atau menyebarkan virus untuk gampong-gampong lain di Kabupaten Pidie dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Sistem Informasi Desa. Sementara itu Bapak Yusuf mengusulkan untuk menjadikan Gampong Cot Baroh sebagai pilot project pengembangan Sistem Informasi Desa melalui program posyantek gampong.

Setidaknya dalam pekan ini sudah dua tim dari Kementerian Desa dan PDT yang berkunjung ke Gampong Cot Baroh untuk mengetahui secara langsung tetang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Sistem Informasi Desa sesuai amanah Undang-Undang Desa No.6 tahun 2014 pasal 86, “Semoga kunjungan ini membawa kemajuan bagi Gampong Cot Barok”, ungkap Keuchik Gampong Cot Baroh di sela-sela pembicaraan dengan tim Kemendesa.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here