KabarDesa.com, Gowa – Masyarakat Desa Kanreapia mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Saat ini mereka bercocok tanam sayuran seperti kol, daun bawang, wortel, kentang, sawi dan tomat.

Selain menanam sayur, warga Desa Kanreapia pun memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk ditanami buah markisa. Dari hasil tanaman buah markisa ini terbukti bisa dijadikan penghasilan tambahan oleh para petani Kanreapia.

Untuk sekarang ini para petani Kanreapia telah sepakat untuk membentuk kelompok tani markisa, dengan tujuan agar dapat mengembalikan kejayaan buah markisa di desa ini. Selain itu juga mampu dijadikan pendapatan tambahan dari kegiatan menanam buah markisa ini.

Kelompok Petani Markisa akan menyiapkan lahan yang bakal dijadikan lokasi sasaran percontohan budidaya markisa di Desa Kanreapia. Untuk jenis markisa sendiri ada beberapa, seperti markisa lokal, ungu, konyal, dan markisa australia.

Saat ini Kelompok Tani Markisa telah memiliki anggota sebanyak 25 orang di bawah pendampingan dari lembaga Gapoktan Butta Gowa.

Rusli, salah satu anggota Kelompok Tani Markisa, sekarang sudah menanam sebanyak seratus pohon dan terus mengajak petani yang lain untuk ikut menanam buah markisa. Sehingga nantinya penyebaran buah markisa akan semakin banyak.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here