KabarDesa.com, Bogor – Harga cabai memang tidak stabil terkadang naik dan terkadang juga menjadi normal, kenapa bisa terjadi?

Menurut salah seorang petani di Bogor kenaikan harga cabai disebabkan oleh kegagalan panen yang diakibatkan berbagai faktor seperti cuaca dan hama yang menyerang tanaman cabai tersebut.

Seperti saat ini, tanaman cabai di Desa Situ Udik Kampung Babakan mengalami gagal panen akibat tanaman cabai tersebut mengering.

Itulah sebabnya harga cabai tidak stabil, menurut Tuti, tanaman cabai memang agak susah dan pelik, makanya ia tak mau menanam cabai di ladangnya. “Iya memang perawatan tanaman cabai agak sulit dan menanamnya juga harus ada pantangan,” ujarnya saat ditemui, Senin (19/12).

Menurutnya pantangan yang harus dijaga jika sedang menanam cabai yaitu apabila wanita sedang datang bulan tidak dianjurkan menanam bibit cabai karena akan berdampak buruk terhadap hasil tanaman cabai yaitu mengering dan hasilnya pun kurang bagus, benarkah?

Ada baiknya pengalaman ini bisa disikapi sebagai bentuk kearifan lokal. Nah, punya cara jitu dalam merawat dan bertani cabai? Silahkan berbagi pengalaman.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here