KabarDesa.Com,Tegal – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Bumi Pertiwi” Desa Surokidul dan Gapoktan “Sri Rejeki” Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal tengah mempersiapkan pembentukan Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis.

Koperasi ini  nantinya yang akan mengelola keuangan yang selama ini ada di Gapoktan, yakni mengelola dana dari program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP), simpanan anggota Gapoktan dan dana-dana lain yang dikelolanya selama ini.

Ketua Gapoktan “Bumi Pertiwi”, Ahmad Fatoni,Sabtu (10/12), mengungkapkan pihaknya sedang mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pendiri koperasi. Menurutnya, ada sekitar 25 KTP yang sudah terkumpul.

Demikian pula Gapoktan “Sri Rejeki” Desa Randusari, ia  sedang membuat berkas yang dibutuhkan dan mendata anggota yang akan menjadi pendiri koperasi dengan cara mengumpulkan KTP calon pendiri koperasi sebelum diadakan rapat pembentukan koperasi dengan mengundang dinas koperasi setempat.

“Baru terkumpul 10 KTP, mas,” kata Suharto, Ketua Gapoktan Sri Rejeki kepada kabardesa.com saat ditanya persiapan pendirian koperasi yang sedang digagasnya.

Sekedar diketahui, bahwa Gapoktan penerima program PUAP di tahun kelima pengelolaanya, sesuai arahan petugas pada sebuah pertemuan Gapoktan, diharapkan sudah bisa membentuk koperasi.

Karenanya, mengingat kedua Gapoktan tersebut dalam mengelola PUAP sudah memasuki tahun kelima, mereka berupaya untuk membentuk koperasi. (dar)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here