Ilustrasi (Foto : abyspacetion.blogspot.co.id)

KabarDesa.Com, Tegal – Memasuki musim tanam padi pada Nopember 2016, petani di wilayah Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal disibukkan dengan pemberantasan hama keong.

Sejumlah lahan persawahan yang baru ditanami padi di kecamatan tersebut diserang hama keong.  Dari pengamatan kabardesa.com serangan hama ini terjadi di Desa Jatiwangi, Surokidul, Randusari, Sidomulyo, dan desa-desa lainnya juga dikabarkan diserang hama sejenis siput ini.

Hama Keong ini menyerang tanaman padi yang masih muda yang umumnya baru saja ditanam. Bila tidak diberantas, padi yang baru ditanam 1 sampai 2 hari bisa menjadi sasaran empuk hama keong.

Wirah, salah seorang petani dari Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang,Senin (21/11), mengaku harus bekerja ekstra untuk menghadapi hama keong. Menurutnya, bila lahan padinya terserang keong, ia harus segera tambal sulam tanaman padi yang punah dimakan keong.

Untuk mengatasinya, kata Wirah, yang juga Ketua Kelompok Wanita Tani “Mekarsari” di desa setempat, disamping keong dibasmi menggunakan obat, juga dipunguti satu per satu.

Selain itu, hindari lahan tanaman padi dari air yang menggenang untuk beberapa waktu supaya keong tidak bersarang di lokasi tersebut. Mengingat hama yang satu ini habitatnya di air yang menggenang. (dar)

Berita sebelumyaWarga Cimanggu Bergotong Royong Perbaiki Akses Jalan Desa
Berita berikutnyaJalan Berlubang Kecamatan Jambon Dikeluhkan Warga
Darojat
Menikmati kesederhanaan hidup di desa dengan menekuni usahatani, serta berwirausaha. Soal menjadi citizen journalist atau jurnalis warga tidak lain agar bisa terus bereksplorasi & berekspresi melalui tulisan jurnalistik. Di bidang ini pernah mendapatkan predikat "Top Reporter Of The Month" pada Mei 2015 yang diberikan oleh Harian Online Kabar Indonesia.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here