KabarDesa.com, Ponorogo – Berbagai kegiatan budaya dan religi digelar dalan rangka Bersih Desa Kradenan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo beberapa waktu lalu. Seluruh kesenian yang dimiliki Desa Kradenan ditampilkan guna memeriahkan rangkaian Bersih desa kali ini.

Diawali pada akhir bulan oktober lalu, diadakan pagelaran seni jaranan Thek Turonggo Aji Weling di lapangan desa Kradenan. Dilanjutkan kirab Seni Budaya yang menampilkan seni Reyog Kridho Tumaruno dan seni Gajah Hesti Taruno Desa Kradenan.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan dalam rangka Bersih Desa Kradenan pemerintah desa yang dipimpin oleh Yahman S.Pd ini menggelar Pengajian Akbar dengan menghadirkan pembicara KH. Abdur Rochim, S. Pdi atau Ki Joko Goro-Goro dari Demak Bintoro, Jawa Tengah.

Masyarakat tampak sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian yang digelar selama tiga hari tersebut. Bahkan rangkaian acara yang digelar Desa Kradenan ini sempat mendapat apresiasi oleh beberapa seniman dari ISI Jogjakarta. “Semua rangkaian kegiatan mulai dari pentas seni dan pengajian akbar yang kita gelar, merupakan agenda rutin yang di adakan setiap tahun oleh pemerintah Desa Kradenan,” terang Kades Kradenan Yahman, S. Pd.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara pemerintah Desa dan warga Kradenan. Dia berharap berbagai kegiatan tersebut mampu meningkatkan kerukunan dan kekompakan warga desa Kradenan, sehingga akan terwujud Desa yang ayem tentrem guyub rukun Berbudaya dan Religius. “Sesuai tema kami pada kegiatan Bersih Desa tahun ini yaitu Tingkatkan Kreatifitas Warga Menuju Kradenan Ayem Tentrem Guyup Rukun. Semoga itu semua terwujud dan kedepan Kradenan menjadi desa yang semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, pada puncak acara bersih Desa Kradenan yang mendatangkan pembicara Ki Joko Goro-Goro dari Demak ini berlangsung sangat hikmad. Joko Goro-goro memiliki ciri has berdakwah dengan media Wayang dan diiringi grup Hadrah Sunan Kalijaga ini mampu menghipnotis para pengunjung. Bahkan Wakil Bupati Ponorogo Drs. Soadjarno, MM yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaika ucapan selamat atas terselenggaranya Bersih Desa Kradenan. Dia berharap semoga apa yang menjadi tujuan dari seluruh masyarakat dan pemerintah Desa Kradenan segera terwujud.

Turut hadir dalam puncak bersih Desa Kradenan Wakil Bupati Ponorogo Drs. Suedjarno, MM, Jajaran Muspika Kecamatan Jetis, seluruh Kepala Desa se Kecamatan Jetis serta ratusan jamaah dari berbagai wilayah di kecamatan Jetis. (Muh Nurcholis)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here