Bogor,KabarDesa.com – Sejumlah tanaman padi Kampung Malang Nengah, Desa Situ Udik, Cibungbulang Bogor, nampak mengering sebelum waktu panen tiba. Tidak mustahil jika tanaman padi di sana tidak mencapai panen yang diharapkan dan bahkan petani di kampung tersebut terancam gagal panen. Pasalnya tanaman padi yang mereka tanam sebagian mengering sebelum menghasilkan butir padi dan bahkan mengering sebelum waktunya.

Penyebab mengeringnya tanaman padi di desa tersebut disebabkan oleh hama yang menyerang daun padi sehingga tanaman padi tersebut mati.

Menurut Tuti,(37) serangan hama tersebut hampir menyerang tanaman padi yang lain dan bahkan sawah miliknya juga ikut terserang hama tersebut.

“Pada kering daunnya dan banyak serangga kecil seperti kutu didahan maupun pada daun padi,” ujarnya saat ditemui Selasa 8/11/2016.

Serangan hama tersebut sangat menguatirkan petani di sana. Mereka berharap serangan hama tersebut dapat dihentikan agar tidak menyerang tanaman padi yang lainnya. Saat ini belum ada upaya untuk mencegah maupun membasmi hama tersebut karena selain belum ada biaya untuk membeli obat pembasmi juga belum mengetahui dengan cara apa mereka harus membasmi hama tersebut.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here