KabarDesa.com, Lahat – Ada banyak cara yang dilakukan oleh kepolisian untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Selain bersosialisasi, kegiatan olahraga bersama dijadikan salah satu media untuk memupuk kekompakan dan rasa kebersamaan diantara sesama anggota Polri.

Jum’at (4/11), Kapolres Lahat AKBP Rantau Isnur Eka, S.Ik melalui Kapolsek Kota Agung Kecamatan Kota Agung Lahat, AKP Aan Sumardi, S.E, M.M menjelaskan, apa yang mereka lakukan untuk kali ini adalah bagian dari cara mereka untuk kian mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Kalau kita pada waktu tertentu dengan berbarengan acara olahraga bersama, kita dapat bertegur sapa dengan warga, bahkan mungkin kalau sebelumnya warga kita jarang sekali ngobrol sedekat ini dengan suasana santai, mungkin media yang ada bisa membuat mereka lebih bisa menerima kita.

Paling tidak setiap Jum’at kita lakukan olahraga bersama, kadang rutenya kita pindah – pindah, agar semua wilayah sekitar Mapolsek bisa kita lalui. Untuk jenisnya juga kita atur, kalau hari ini kita jalan santai, mungkin minggu mendapat maraton atau senam bersama di halaman Mapolsek,” jelas Aan.

Dia juga memaparkan, paling tidak ada lebih dari separuh anggota yang ada harus ikut serta secara bergantian. Yang paling pokok adalah anggota yang piket saat itu, atau mereka yang berdomisili dekat dengan Polsek.

“Usai olahraga bersama, biasanya kita lakukan sarapan bersama, paling tidak menjaga keakraban dan silaturahmi dahulu. Karena dengan adanya kebersamaan dalam pelaksanaan tugas ada semacam rasa saling membantu.

Imbasnya diharapkan ada hasil maksimal dari apa yang menjadi tugas dan anggota kepolisian secara umum, tak hanya sebatas itu, semakin kita sering berada di tengah masyarakat rasa Polisi sebagai sahabat warga itu akan kian terasa,” paparnya lagi.

Memperhatikan kegiatan seperti ini, KabarDesa.com meminta tanggapan dari masyarakat yang sering melihat rombongan anggota Polsek Kota Agung yang dipimpin oleh Kapolseknya melakukan olahraga bersama ini.

Iwan, salah satu warga yang sengaja menghentikan sepeda motornya saat berpapasan dengan rombongan Kapolsek ini menuturkan, bahwa kegiatan olahraga bersama pihak Polsek memang sudah sering dilakukan, kadang diluar, kadang juga di halaman Polsek.

Hal ini menurut Iwan seperti menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Kalau hari bagus dengan cuaca cerah, biasa mereka akan melakukan kegiatan di luar. Hal ini membuat kepolisian terasa dekap dengan masyarakat.

“Kalau Jum’at kita pasti melihat rombongan Polsek itu olahraga, terkadang  mereka Maraton, atau kadang hanya senam bersama di halaman Polsek saja. Tetapi, yang paling sering adalah meilihat mereka olahraganya di luar. Entah itu ke arah desa Pagar Ruyung dan Suka Raja, bisa juga ke arah desa Kota Agung dan Suka Rami.

Hanya enak kalau sekarang, rombongan biasanya menyempatkan diri untuk bertegur sapa atau bercengkrama dengan warga yang berpapasan, entah itu warga yang akan berangkat ke sawah atau ke kebun, kalau dulu jarang ada anggota Polisi yang mau ngobrol dengan warga desa.

Merekalah yang biasanya lebih dahulu menyapa kita, Pak mau kemana? Atau Buk dari mana?,” ungkapnya.

Ini adalah bagian dari cara polisi mendekatkan diri kepada masyarakat, dengan bertegur sapa dan saling menyapa rasa polisi sebagai sahabat warga mulai kembali dirasakan oleh warga daerah ini. (Agum)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here