KabarDesa.com, Gowa – Sebuah langkah maju ditunjukkan oleh warga masyarakat Desa Tonasa, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dimana baru-baru ini Desa Tonasa berhasil meresmikan sebuah Mobil Siaga. Mobil Siaga tersebut merupakan hasil swadaya murni masyarakat.

Awalnya sejak bulan Juli 2015 pihak Pemerintah Desa sengaja menghembuskan isu bahwa untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Desa Tonasa, maka Pemerintah Desa akan memfasilitasi warga desa untuk mengumpulkan dana swadaya pengadaan mobil siaga.

Setelah setahun isu berjalan dan tidak ada keberatan dari masyarakat, maka Pemerintah Desa Tonasa akhirnya mengeluarkan Peraturan Desa Tonasa Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Desa Siaga, dan Peraturan Kepala Desa Tonasa Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengadaan Kendaraan Siaga, dan Keputusan Kepala Desa Tonasa Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Tim Pengadaan Kendaraan Siaga.

Berdasarkan ketiga peraturan tersebut Pemerintah Desa Tonasa mulai menggalang dana pada pertengahan Agustus 2016 dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp. 63.000.000. hanya dalam waktu 2 minggu. Hal tersebut dapat dicapai berkat kerja keras anggota tim yang dibantu oleh setiap Ketua RT mengumpulkan dana Rp. 50.000 per Kepala Keluarga dari sekitar 1.200 KK.

mobil-desa-tonasa

Peresmian mobil siaga tersebut diresmikan oleh Camat Tombolo Pao, Azhari Azis, AP., MM. pada Selasa, 06/09/2016, di Kant0r Kepala Desa Tonasa yang dihadiri oleh unsur Muspika Kec. Tombolo Pao, Kepala Puskesmas Tamaona, jajaran Pemerintah Desa dan masyarakat umum.

Camat Tombolo Pao dalam sambutannya mengapresiasi keberhasilan Desa Tonasa mewujudkan mobil siaga yang merupakan keberhasilan Pemerintah Kecamatan Tombolo Pao dan dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain di Kecamatan Tombolo Pao dalam hal kesiapsiagaan pemerintah dalam melayani masyarakat.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tamaona dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Desa Tonasa merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Gowa bahkan di Sulawesi Selatan yang mempunyai mobil siaga hasil swadaya murni dari masyarakat. Dan dengan kehadiran mobil siaga di Desa Tonasa ini, dapat membantu pihak Puskesmas Tamaona yang hanya mempunyai satu buah armada ambulan.

Kedepannya diharapkan mobil siaga ini dapat betul-betul dimanfaatkan oleh khususnya warga Desa Tonasa dan warga Kecamatan Tombolo Pao pada umumnya.

Kepala Desa Tonasa, Anwar Jama mengatakan bahwa tujuan utama mobil siaga ini bukan hanya untuk warga yang sakit namun juga dapat dipergunakan untuk mengangkut jenazah dan penggunaan lain yang sifatnya darurat. Anwar Jama juga berpesan kepada warga masyarakat agar tetap menjaga kebersamaan dan memelihara persatuan sehingga kedepannya Desa Tonasa dapat menciptakan terobosan-terobosan baru dan menjadi Desa yang terdepan di Kecamatan Tombolo Pao.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here