KabarDesa – Belakangan ini warga Pinrang dan sekitarnya disuguhkan dengan panorama alam yang cukup mengemparkan pengunjung ketika berada di sana. Yah, objek wisata Puncak Karomba yang berada di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamtan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Puncak Karomba berada diketinggan hampir 1.200 meter dari permukaan laut (mdpl). Hamparan awan menyelimuti bukit karomba yang sambung menyambung.

Sejak dibuka pada Juni 2016 yang lalu, tiap harinya pengujung berdatangan menikmati pesona “Negeri di atas awan” ini, lebih-lebih ketika hari libur tiba seperti hari Minggu pada khususnya. Selain itu terdapat fasilitas jembatan gantung yang setiap detiknya diselimuti gumpalan awan.

karomba 11
*foto @Syafruddinmoha

 

Suasana Negeri di atas awan. Foto @syafrudddinmoha
Suasana Negeri di atas awan. Foto @syafrudddinmoha

 

karomba 3
*Foto @syafruddinmoha

Bukan itu saja, terdapat Villa dengan gaya arsitektur Sulawesi Selatan bermodel Toraja yang melengkapi foto selfie. Mau mandi-mandi? terdapat kolam renang untuk kalangan anak-anak dan dewasa di sekitar vila.

IMG20160724112132
Hamparan lereng dan kolam renang. Foto @Syafruddinmoha

Daeng Bali, salah satu petugas mengatakan kawasan ini juga memiliki perkebunan khusus yang nantinya dapat dinikmati oleh pengunjung.

“Di sini ada kebun jeruk, tin, manggis, durian dan apel. Nantinya, kami akan suguhkan untuk pengunjung jika semua pembangunan wisata ini rampung. Tentunya dengan biaya tertentu,” katanya.

“Mungkin akan rampung tahun 2017. Pokoknya, objek wisata ini akan kami sulap menjadi kawasan terindah dan diminati pengunjung di Indonesia,” Daeng Bali menambahkan.

Namun masih ada kekurangan yang ada  di lokasi ini diantaranya listrik PLN belum menyentuh kawasan ini. Masyarakat setempat menggunakan turbin (kincir air) untuk memperoleh aliran listrik. Selain itu fasilitas seperti warung makan juga belum ada. Sehingga pengunjung harus membawa bekal yang cukup sebelum ke kawasan ini.

Akses jalanan yang dilalui juga lumayan terjal, hampir seperduanya berbatu dan bergelombang.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here